Sukses

Qlue-Jek, Jasa Pengiriman Online Berbasis Drone Karya Anak Bangsa

Qlue yang dikenal sebagai aplikasi solusi smart city, segera merilis layanan jasa pengiriman berbasis online bernama Qlue-Jek.

Liputan6.com, Jakarta - Qlue yang dikenal sebagai aplikasi solusi smart city besutan anak bangsa, dalam waktu dekat ini akan merilis layanan jasa pengiriman berbasis online bernama Qlue-Jek.

Layanan ini dihadirkan untuk menepis kendala pengiriman barang yang tersendat karena kemacetan di kota-kota besar di Indonesia.

"Qlue-Jek adalah sebuah solusi terbaru dari Qlue dengan konsep pembelanjaan dan pengantaran online yang berbasis aplikasi dan drone," kata Ivan Tigana, Project Manager Qlue-Jek yang tim Tekno Liputan6.com himpun dari video di situs resminya, Kamis (31/3/2016).
Qlue Jek
Ivan menjelaskan, sebagai jasa pengantaran online, drone Qlue-Jek dapat mengirim barang dengan bobot hingga 5 kilogram (kg) dengan jarak tempuh 25 kilometer (km). Canggihnya, drone dapat dikontrol secara otomatis maupun manual.

"Qlue-Jek dapat dikontrol secara otomatis atau manual serta memiliki speaker untuk berkomunikasi secara dua arah dengan merchant saat pengguna melakukan pemesanan," papar Ivan.

Soal pengoperasian, drone Qlue-Jek dioperasikan oleh mantan pilot helikopter Badan Search and Rescue di Indonesia menggunakan kombinasi remote control dan virtual reality untuk mendeteksi keberadaan drone di udara. 

Ivan menuturkan bahwa teknologi Qlue-Jek dilakukan melalui proses research and developement yang mendalam.

"Teknologi Qlue-Jek dilakukan melalui proses research and developement secara mendalam dan komprehensif sehingga kami mampu memberikan solusi yang inovatif dan terbaik," tutupnya.

Pada situs resminya, Qlue memperlihatkan bahwa layanan Qlue-Jek akan siap mengudara satu hari ke depan, yang berarti dipastikan akan tersedia mulai 1 April 2016.

Qlue-Jek tidak hanya mampu mengangkat barang bawaan hingga 5 kg dengan jarak tempuh 25 km, tetapi juga dapat mengambil foto-foto kondisi kota dari atas yang terintegrasi dengan Qlue. 

Namun, mengingat 1 April adalah April Mop atau April Fools’ Day, rencana peluncuran Qlue-Jek bisa saja cuma sekadar gurauan. Untuk diketahui, setiap April Mop, orang dianggap boleh berbohong atau memberi lelucon kepada orang lain tanpa dianggap bersalah.

Untuk mengetahui kebenarannya, kita tunggu saja besok, Jumat (1/4/2016).


(Isk/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini