Sukses

Meriahkan April Mop, Google Pamer 5 Produk Baru?

Google memamerkan sejumlah produk baru bertepatan dengan April Mop. Sungguhan atau hoax?

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang memperingati 1 April sebagai April Mop atau April Fool's Day, di mana orang-orang memberi lelucon atau kebohongan kepada orang lain tanpa dianggap bersalah.

Bahkan, raksasa teknologi Google pun membuat beberapa guyonan tentang April Mop. Dikutip dari laman Venture Beat, Jumat (1/4/2016), berbagai divisi kerja Google membuat video atau pengumuman yang tampak sangat nyata mengenai produk-produk barunya.

Salah satunya adalah kehadiran produk baru, Furikku, yakni sebuah keyboard fisik berbahasa Jepang. Tampaknya, produk ini adalah sebuah perangkat fisik dari keyboard yang bisa digunakan di Android.

Dengan menggunakan keyboard ini, mereka yang tidak biasa mengunakan perangkat layar sentuh bisa mengetik dengan mudah karena ada koneksi bluetooth yang menghubungkan perangkat dan Furikku.

Selanjutnya, divisi Google Photo menambahkan sebuah fitur yang mendukung pencarian foto menggunakan emoji. Jika diluncurkan bukan saat perayaan April Mop, sepertinya fitur ini sangat nyata dan mungkin diharapkan kehadirannya oleh sebagian orang.

Kemudian, ada lagi fitur emoji pada inbox smart reply. Dengan fitur ini, kotak masuk pada layanan email Gmail justru akan memberikan saran emoji, bukannya balasan pesan.

Lelucon Google, emoji disebut bisa menghanyutkan perasaan seseorang dan mendorong penggunanya untuk lebih terbuka dan jujur dalam sebuah percakapan. Karenanya, Google meluncurkan fitur ini pada April Mop.
smart_reply_emoji_1

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gmail Mic Drop

Penemuan terbaru lainnya yang diumumkan Google adalah sebuah fitur tambahan untuk Gmail, yakni Mic Drop. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memiliki kata-kata terakhir dari email apa pun.

Jika Anda menjawab dengan tombol "Sent + Mic Drop", siapa pun bisa menerima email Anda. Dengan demikian, tidak perlu lagi melihat respon yang muncul setelahnya. Fitur ini mirip dengan fitur "reply and mute".

gmail_mic_drop

Terakhir, Google tampak menghadirkan sebuah cardboard yang terbuat dari bahan plastik tembus pandang. Mirip dengan perangkat virtual reality, Google Cardboard Plastic ini memiliki perspektif 4D serta pandangan hingga 360 derajat dan didukung resolusi 20/20.

Dalam videonya, disebutkan bahwa perangkat ini cukup canggih dan memiliki sensasi sentuhan yang real. Bahkan, perangkat ini hadir tanpa kabel, tanpa baterai, ringan, dan tahan terhadap air.

Bagaimana menurut Anda, apakah sejumlah penemuan baru Google ini bakal direalisasikan? Atau hanya sebuah lelucon untuk merayakan April Mop?

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.