Sukses

Jumlah Domain .id Salip .sg

Domain .id sudah melewati jumlah domain .sg milik Singapura yang pada akhir Maret 2016 berjumlah 178.486.

Liputan6.com, Jakarta - Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) mencatat pertumbuhan nama domain .id yang sangat pesat dalam satu tahun terakhir. Pada akhir Maret 2016, nama domain .id tercatat berjumlah 188.228, meningkat 43 persen dari akhir Maret 2015 sebanyak 131.488 nama domain.

Pertumbuhan yang sangat pesat terjadi dalam dua bulan terakhir. Ketua PANDI, Andi Budimansyah, mengungkapkan, dalam dua bulan terjadi kenaikan 32.619 nama domain.

“Kenaikan pesat ini terutama terjadi karena kenaikan pendaftaran nama domain apapun.id,” kata Andi melalui keterangan tertulisnya, Senin (4/4/2016).

PANDI mencatat, pertumbuhan tersebut didominasi oleh domain apapun.id sejumlah 30.593 nama domain, atau sekitar 94 persen dari total pertumbuhan nama domain .id.

Domain apapun.id – domain .id tanpa tambahan ekstensi di depannya – baru diluncurkan pada 17 Agustus 2014. Menurut Andi, pertumbuhan domain apapun.id yang pesat sesuai dengan prediksi PANDI sebelumnya.

“Di negara lain, saat domain tingkat tinggi dirilis, pertumbuhannya juga sangat tinggi di atas domain tingkat dua,” kata Andi.

Kenaikan domain apapun.id yang pesat juga disebabkan promo gencar yang dilakukanoleh registrar-registrar PANDI selama beberapa minggu terakhir.

“Apresiasi kami kepada dua belas registrar PANDI yang telah bekerja keras mempromosikan domain .id dengan segala kelebihannya,” ujar Andi.

Saat ini domain apapun.id tercatat berjumlah 51.503 nama domain, atau 27 persendari total nama domain .id. Domain apapun.id berada di posisi kedua di bawah domain co.id yang saat ini berjumlah 69.700 nama domain. Sebagai perbandingan, domain co.id telah digunakan sejak 1994, atau 20 tahun sebelum domain apapun.id dirilis.

Dengan peningkatan ini, domain .id sudah melewati jumlah domain .sg milik Singapura yang pada akhir Maret 2016 berjumlah 178.486.

“Apabila dibandingkan dengan jumlah pengguna internet Indonesia yang jauh lebih besar, angka ini memang relatif masih kecil. Namun setidaknya ini merupakan milestone baru bagi domain ID,” tambah Andi.

Andi optimis, jumlah domain .id akan semakin meningkat pada bulan-bulan mendatang. “April ini program satu juta nama domain .id dari Kementerian Kominfo RI akan dimulai. Kami berharap program ini dapat meningkatkan pengguna nama domain .id secara signifikan,” ungkap Andi.

Program satu juta nama domain .id merupakan program Kementerian Kominfo RI untuk menyediakan satu juta situs internet berdomain .id dalam waktu tiga tahun. Situs internet lengkap dengan alamat domain ini tersedia gratis selama setahun untuk UKM, sekolah, pondok pesantren, dan desa.

(Isk/Cas)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.