Sukses

Ternyata Harga Pabrikan iPhone SE Murah Banget

Setelah harga pabrikan Samsung Galaxy S7, IHS berhasil menguak harga pabrikan iPhone SE. Berapa?

Liputan6.com, California - Setelah membongkar harga pabrikan Samsung Galaxy S7 beberapa waktu lalu, sebuah riset yang dilakukan oleh IHS berhasil mengungkap harga asli smartphone terbaru Apple, iPhone SE.

Menurut informasi yang dikutip Tekno Liputan6.com dari laman Recode, Kamis (7/4/2016), harga pabrikan dari smartphone tersebut rupanya hanya US$ 160 atau Rp 2,1 juta. Sementara di pasaran, ponsel itu dijual US$ 399 atau setara Rp 5,2 juta.

Harga pabrikan tersebut diketahui setelah IHS membongkar iPhone SE versi 16GB untuk mengetahui harga masing-masing komponen di dalamnya. Sementara untuk versi 64GB, biaya pabrikannya sebesar US$ 170 atau Rp 2,2 juta. Ponsel tersebut kemudian dijual ke pasaran dengan harga US$ 499 atau Rp 6,5 juta.

Analis IHS Andrew Rassweiler mengungkapkan bahwa iPhone SE versi 16GB dijual dengan harga di atas untuk mendorong konsumen memilih versi 64GB ketika memutuskan membeli ponsel model tersebut.

“Potensi margin keuntungan pada ponsel versi 16GB lebih rendah dibandingkan pada versi 64GB. Apple menjual ponsel dengan ruang penyimpanan lebih besar US$ 100 (Rp 1 juta) lebih mahal, padahal biaya produksinya hanya ditingkatkan US$ 10 (Rp 100 ribu) dari biaya produksi versi 16GB," ujar Rasweiler.

Apple sendiri memang menciptakan iPhone SE untuk pelanggan kelas menengah. Harganya jauh lebih rendah dibandingkan dengan iPhone 6S dan 6S Plus, namun fitur di dalamnya hampir sama. Sebelumnya, cara ini juga dilakukan Apple ketika menciptakan model iPhone 5c pada 2013 lalu.

Lalu, apa saja yang ada di dalam iPhone SE? Produsen chip Qualcomm menyediakan sebuah chip seluler dengan harga US$ 15 (Rp 197 ribu). Selain itu, Apple merancang prosesor A9 yang harganya sekitar US$ 22 atau sekitar Rp 289 ribu. Kedua chip itu dibuat oleh dua perusahaan Asia, yakni Samsung dari Korea Selatan dan perusahaan Taiwan Semiconductor Manufacturing Corp.

Tidak hanya itu, Apple juga menggunakan layar 4 inci buatan LG Display dengan harga US$ 20 atau sekitar Rp 263 ribu. Harga layar ini lebih murah US$ 41 (Rp 540 ribu) dibandingkan dengan layar iPhone 5c. 

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.