Sukses

Review: Samsung Galaxy S7, Smartphone Premium Serba Bisa

Seperti apa tampilan dan performa Samsung Galaxy S7? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Kehadiran smartphone baru andalan Samsung, Galaxy S7, yang melenggang secara global akhir Februari lalu di ajang Mobile World Congress menyita perhatian banyak orang.

Di Indonesia, perusahaan asal Korea Selatan itu memperkenalkan Galaxy S7 kepada publik pada 26 Maret 2016 melalui ajang consumer launch di Jakarta dan Surabaya.

Lalu, seperti apa tampilan dan performa ponsel yang dibanderol dengan harga Rp 9 jutaan ini?

Kali ini, Tekno Liputan6.com berkesempatan untuk mejajal kemampuan Samsung Galaxy S7. Sebagai informasi, varian yang diulas kali ini berwarna gold platinum dengan ruang penyimpanan internal seluas 32GB. Berikut adalah ulasan lengkapnya.

Samsung Galaxy S7 tampak depan (Liputan6.com/Iskandar).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Desain Antarmuka Pengguna

Desain dan Antarmuka Pengguna
Samsung Galaxy S7 memiliki desain serupa dengan pendahulunya, Galaxy S6. Mengusung layar quad HD Super AMOLED sebesar 5,1 inci, smartphone ini memiliki lengkungan pada bagian belakang sehingga membuat perangkat jadi lebih nyaman digenggam. 

Galaxy S7 pun memiliki dimensi 142,4x69,6x7,9 mm dengan berat yang cukup ringan, yakni 152 gram. Sebagai ponsel premium, Samsung menggunakan material metal dan glass dengan tiga pilihan warna, yakni metalic blue, silver, serta gold.

Secara fisik, Samsung Galaxy S7 dilengkapi tombol-tombol fisik seperti Power di sisi kiri dan tombol volume up dan down pada sisi atas.

Selanjutnya, pada bagian bawah ponsel sebelah kiri terdapat socket earphone, bagian tengahnya adalah port USB yang dapat digunakan untuk untuk pengisian daya ataupun proses transfer data, dan bagian paling kanan terdapat mikrofon. Sedangkan pada bagian atas terdapat ejectable tray untuk SIM card dan microSD card yang dapat dibuka menggunakan ejector.

Tampilan Samsung Galaxy S7 tiap sisi (Liputan6.com/Iskandar).
Pada bagian depan, Anda akan menemukan logo Samsung lengkap dengan kamera depan sebesar 5 megapiksel, pengeras suara, serta lampu indikator yang terletak sejajar. Galaxy S7 mempertahankan ciri khas Samsung, yakni sebuah tombol Home yang dilengkapi dengan pemindai sidik jari terdapat pada bagian bawah muka ponsel tersebut. Beserta tombol Home, Samsung juga menyertakan tombol Back dan Recent di sisi kanan dan kirinya.

Tampak depan Samsung Galaxy S7 (Liputan6.com/Iskandar).
Sedangkan bagian belakang Samsung menyematkan lensa kamera 12 megapiksel dengan lampu flash.

Tampak sisi belakang Samsung Galaxy S7 (Liputan6.com/Iskandar).
Kemudian, untuk user interface (UI) atau antarmuka pengguna, seperti biasanya, Samsung menggunakan tampilan TouchWiz UI dengan modifikasi Android 6 Marshmallow. Menariknya, jika kita menggeser layar ke bagian paling kiri tampak sebuah tampilan news yang menyajikan berita-berita dari laman berita yang bisa disesuaikan sesuai pilihan pengguna.

Tampilan antarmuka pengguna Samsung Galaxy S7 (Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani)

3 dari 5 halaman

  Performa

Dari segi performa, kinerja smartphone ini bisa dikatakan sesuai dengan ekspektasi. Lantaran dipersenjatai dengan prosesor Octa-core 64 bit dan chipset Snapdragon 820 dari Qualcomm serta paduan RAM 4GB pengalaman menggunakan Samsung Galaxy S7 berjalan tanpa hambatan.

Hal inipun terbukti dari hasil pengecekan melalui aplikasi AnTuTu Benchmark v6.0.1, dimana Galaxy S7 mendapatkan nilai 130.445.

Hasil pengujian Samsung Galaxy S7 pada aplikasi AnTuTu Benchmark (Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani).
Dalam mengoperasikan ponsel ini, tim tidak menemukan kendala berarti. Perpindahan dari aplikasi ke aplikasi pun berjalan dengan sangat cepat dan lembut.

Pada smartphone ini, Samsung tidak memasukkan banyak aplikasi bawaan sehingga memori internal masih cukup untuk pemasangan aplikasi-aplikasi berkapasitas besar seperti gim. Jika memang ruang penyimpanan tidak cukup, Samsung mengizinkan pengguna untuk memperluas ruang penyimpanan dengan kehadiran slot kartu microSD hingga 200GB.

Bicara soal daya, Samsung menyematkan baterai berkapasitas 3.000mAh di Galaxy S7. Dengan kapasitas tersebut, Galaxy S7 mampu bertahan dalam pemakaian standar sekitar dua hari. Selain itu, Samsung Galaxy S7 juga dibekali dengan teknologi quick charging (pengisian cepat) melalui soket microUSB.

Untuk menguji kinerjanya, tim mencoba memasang beberapa gim kelas berat, di antaranya adalah Mortal Kombat X dan Modern Combat 5. Ketika memainkan gim tersebut satu per satu beberapa jam, ketiganya berjalan dengan lancar tanpa hambatan meskipun bodi Samsung Galaxy S7 menjadi lebih hangat.

Memainkan gim Mortal Kombat X pada Samsung Galaxy S7 (Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani)Memainkan gim Modern Combat 5 pada Samsung Galaxy S7 (Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani).

4 dari 5 halaman

Kamera

Salah satu keunggulan dari Samsung Galaxy S7 terletak pada segi fotografi. Bahkan, smartphone asal Negeri Gingseng ini didapuk menjadi ponsel dengan fitur kamera terbaik saat ini.

Samsung Galaxy S7 memiliki kamera belakang beresolusi 12MP yang dilengkapi dengan sensor Dual Pixel dengan kemampuan phase detection pixel. Hal ini menjadikannya sebagai smartphone pertama dengan teknologi tersebut.

Hadirnya teknologi ini membuat Samsung Galaxy S7 bisa menangkap fokus lebih cepat pada sebuah objek. Smartphone ini juga mampu menghasilkan gambar yang baik di ruangan bercahaya minim.

Kamera belakang Samsung Galaxy S7 (Liputan6.com/Iskandar).
Untuk kamera depan, Samsung Galaxy S7 dibekali dengan kamera 5MP yang dapat menghasilkan foto dalam kondisi minim cahaya. Fitur selfie flash yang hadir di dalamnya melengkapi ponsel ini dengan kadar pencahayaan yang diinginkan. Sehingga membuat hasil foto lebih lembut.

Tampak kamera depan Samsung Galaxy S7 (Liputan6.com/Iskandar).
Sebagai informasi, kamera smartphone ini memiliki sejumlah effect seperti pastel, deep, retro, film, monogram, nostalgia, gold, serta delicious yang dapat digunakan sesuai dengan keinginan penggunanya. Berikut adalah beberapa hasil foto menggunakan kamera Samsung Galaxy S7.

Hasil foto outdoor pada Samsung Galaxy S7 (Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani).Hasil foto indoor pada Samsung Galaxy S7 (Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani).Hasil foto outdoor malam hari menggunakan Samsung Galaxy S7 (Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani).Hasil foto selfie menggunakan Samsung Galaxy S7 (Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani).
Hasil foto sebuah objek pada Samsung Galaxy S7 (Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani).

5 dari 5 halaman

Fitur-fitur Unggulan

Launcher gim
Jika pengguna memasang aplikasi gim pada perangkat Samsung Galaxy S7, mereka dapat menikmati manfaat game launcher di sebelah kiri layar. Kehadiran launcher ini dapat memaksimalkan permainan, sebab launcher ini memberi pilihan untuk menonaktifkan notifikasi masuk, me-minimize gim, screenshoot, hingga merekam aksi permainan penggunanya.Launcher gim pada Samsung Galaxy S7 (Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani).

Pemindai sidik jari
Untuk mengatur keamanan maksimal, Samsung Galaxy S7 dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari (fingerprint scanner). Pengguna dapat memasukkan maksimal empat sidik jari berbeda untuk membuka kunci.

Untuk mengaktifkannya, pilih Settings, kemudian tap Lock screen and security option, selanjutnya tap Fingerprint option dan taruh jari pada tombol Home hingga pemindaian sidik jari selesai. Setelah itu buat password cadangan dan tap Done.

Pengisian daya cepat
Fitur lain yang jadi unggulan adalah fast charging atau pengisian daya cepat. Dalam waktu kurang dari 2 jam, pengguna bisa mengisi penuh daya Samsung Galaxy S7 yang berkapasitas 3.000mAh.

Hybrid external memory
Dengan hadirnya memori eksternal hibrid ini, pengguna yang ingin memaksimalkan luas memori harus memilih apakah ingin menambahkan memori atau mengaktifkan sim ganda. Sebab, baik microSD maupun simcard menggunakan slot yang sama. Karenanya hal ini disebut dengan hybrid.

Tahan Air
Samsung Galaxy S7 dilengkapi dengan sertifikasi IP68 yang membuat ponsel ini tahan terhadap air. Namun fitur ini merupakan upaya memaksimalkan perlindungan terhadap ponsel, jadi tidak disarankan pengguna mengoperasikan smartphone di dalam air.

Kesimpulan
Ponsel yang dibanderol dengan harga Rp 9 jutaan ini memang tidak main-main. Semua fiturnya berfungsi dengan baik dan kinerjanya pun tidak mengecewakan meski digunakan untuk memainkan gim high definition. Hasil jepretan kameranya pun sangat baik.

Dari segi desain, lengkungan di bagian belakang ponsel membuatnya nyaman digenggam dengan dimensi dan bobot yang ringan. Keyboard-nya pun sangat digunakan untuk mengetik.
Samsung Galaxy S7 tampak belakang (Liputan6.com/Iskandar).

Tidak hanya itu, salah satu keunggulan Samsung Galaxy S7 adalah fitur penghematan daya yang memungkinkan ponsel ini memiliki waktu standby lebih lama. Jadi, jika Anda mencari ponsel premium dengan fitur-fitur di atas, Samsung Galaxy S7 bisa menjadi salah satu pilihan Anda.

Untuk mengecek spesifikasi lengkap ponsel ini, silakan klik di sini.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini