Sukses

Cara Mudah Mengekstraksi DNA Tubuh dengan Bahan Sederhana

Ternyata mengekstraksi DNA dari sel-sel tubuh sebenarnya sangat sederhana. Siapa pun bisa melakukannya.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap satu sel di tubuh berisi DNA, cetak biru (blueprint) dari molekul yang membuat Anda seperti sekarang ini.

Mengakses blueprint DNA mungkin tampak seperti pekerjaan yang hanya bisa dilakukan oleh ilmuwan. Tapi ternyata mengekstraksi DNA dari sel-sel Anda sebenarnya sangat sederhana.

Mac Cowell, advokat untuk bioteknologi open-source, menciptakan satu set instruksi sederhana yang memungkinkan siapa pun mengisolasi DNA miliknya sendiri dalam hitungan menit.

Proses ini menggunakan perlengkapan dapur pada umumnya, termasuk wadah seperti gelas. Untuk diketahui, proses ini tidak akan membuat sampel DNA paling murni, tapi sampel tersebut dapat dimurnikan (oleh biochakers) setelah diekstrak.

Sesudah memiliki sampel murni, Anda dapat mencoba menyortir fragmen DNA berdasarkan ukurannya atau membuat sendiri mesin untuk menyalin DNA. Tanpa basa-basi lagi, berikut ini cara mudah mengekstraksi DNA tubuh dengan bahan sederhana, yang dihimpun dari Popular Science, Senin (11/4/2016).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bahan dan Alat

Bahan dan Alat

- Sebuah gelas bersih
- Air liur/ludah
- Sabun cuci piring
- Garam dapur
- Jus nanas (atau pelunak daging, atau larutan pembersih lensa kontak)
- Alkohol proof yang sudah didinginkan (120 proof atau lebih tinggi)--Di contoh ini digunakan dengan proof tinggi.
- Sedotan
- Tusuk gigi

3 dari 3 halaman

Langkah Kerja

Langkah Kerja

1. Meludahlah ke dalam gelas hingga mencapai seperempat gelas. (Jika Anda mengalami kesulitan meludah, bayangkan Anda sedang mengisap permen rasa lemon). Air liur/ludah sarat dengan sel, yang diproduksi dari pipi dan lapisan mulut, yang penuh DNA.

2. Tambahkan beberapa tetes sabun cuci piring. Ini akan membuka sel-sel tersebut.

3. Tambahkan percikan kecil jus nanas. Ini akan membersihkan beberapa protein yang telah tumpah keluar dari sel-sel Anda bersama DNA Anda.

4. Tambahkan sedikit garam. Hal ini menyebabkan DNA mulai menggumpal bersama-sama.

5. Aduk gelas untuk mencampur bahan-bahan tersebut.

6. Secara lembut dan perlahan, isi sisa gelas dengan alkohol proof tinggi, yang seharusnya ada di lapisan di atas campuran bahan. Untuk mencegah pencampuran terlalu banyak, Anda dapat menambahkan alkohol secara bertahap dengan sedotan. Masukan sedotan ke dalam alkohol, sumbat sedotan dengan jari Anda, tahan sedotan agar cairan tetap ada di sedotan, lalu kucurkan alkohol ke gelas.

7. Gunakan tusuk gigi untuk menghimpun material seperti ingus yang telah terbentuk di gelas. Anda tahu, material itu adalah Anda DNA. Selamat mencoba!

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini