Sukses

Gandeng Bekraf, Bukalapak Boyong Program Pahlawan Ekonomi Kreatif

Bukalapak dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menjalin kerja sama dengan menghadirkan program Pahlawan Ekonomi Kreatif.

Liputan6.com, Jakarta - Bukalapak dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menjalin kerja sama dengan menghadirkan program Pahlawan Ekonomi Kreatif, yang mana termasuk ke dalam rangkaian kampanye Pahlawan Pelapak yang diusung oleh platform e-Commerce tersebut.

Bertempat di kantor Bukalapak, Plaza City View, Jakarta, Selasa (12/4/2016), keduanya meresmikan penandatanganan MoU Pahlawan Ekonomi Kreatif sebagai bentuk komitmen untuk memajukan para pelaku ekonomi kreatif agar bisa bersaing secara sehat di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Achmad Zaky, Founder dan CEO Bukalapak, mengatakan bahwa para pelaku ekonomi kreatif kini berperan penting di jantung penggerak perekonomian Indonesia. Dengan ragam jenis usaha yang ditawarkan, mereka mampu memberikan andil ke badan usaha dan penyerapan tenaga kerja secara nasional.

Oleh karena itu, ia melanjutkan, program Pahlawan Ekonomi Kreatif diciptakan demi mendorong para pelaku ekonomi kreatif yang bergerak di bidang mikro untuk memperkaya kreasinya lewat platform Bukalapak.

"Kami percaya bahwa ekonomi kreatif, termasuk di dalamnya para pelapak di Bukalapak, adalah penggerak dalam industri perdagangan Tanah Air. Dengan usaha pemerintah untuk memberikan dukungan bagi para pelaku ekonomi kreatif, kami turut berkontribusi membantu pemasaran melalui platform digital," kata Zaky.

"Lewat kerjasama dengan Bekraf, kami berkomitmen untuk mengajak dan membantu 100.000 pelaku ekonomi kreatif untuk go online." 

Di kesempatan yang sama, hadir pula Triawan Munaf, Kepala Bekraf yang mengutarakan harapannya terkait fasilitas yang dihadirkan untuk para pelaku ekonomi kreatif Indonesia.

"Bukalapak memiliki misi untuk bersama-sama memajukan para pelaku ekonomi kreatif. Dari 16 subsektor industri kreatif, tujuh di antaranya seperti fashion, kuliner, kerajinan, musik, desain komunikasi visual, aplikasi dan gim, hingga seni rupa telah kami kembangkan bersama Bukalapak," kata Triawan.

Dengan begitu, lanjutnya, pihaknya dapat memfasilitasi para pelaku ekonomi kreatif agar dapat terkoneksi, terhubung dan bersaing di MEA melalui Bukalapak

Dengan kerjasama yang hadirkan kedua pihak, Bukalapak dan Bekraf berkomitmen akan melakukan beberapa hal demi mendompleng geliat para pelaku ekonomi kreatif Tanah Air.

Di antaranya ada pendampingan pemasaran online, fasilitasi hak cipta, dukungan finansial, pengembangan talent, serta pembinaan pengembangan produk kreatif.

(Jek/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.