Sukses

Interaksi Manusia dan Robot di Masa Depan Akan Lebih Sering

Penerapan chatbot pada pengiriman pesan akan direncanakan dalam waktu dekat.

Liputan6.com, Jakarta - Para ilmuwan teknologi kini semakin berinovasi dengan robot ciptaan mereka. Mesin-mesin tersebut diciptakan untuk mempermudah segala aspek kehidupan manusia. Bahkan kini direncanakan, akan ada robot pada layanan pengiriman pesan online.

Dalam bulan-bulan mendatang, pengguna aplikasi Messenger seperti Facebook, Microsoft Skype dan Kanada Kik mengharapkan asisten otomatis yang akan memberikan informasi dan layanan di berbagai bisnis berbentuk pesan "chatbots".

Mengutip informasi laman The Next Web, Sabtu (16/4/2016), pada dasarnya perangkat lunak tersebut dapat melakukan percakapan seperti manusia yang sederhana. Google dan beberapa perusahaan lain dikabarkan sedang bekerja pada ide yang sama.

Para ahli mengatakan, chatbot dapat menangani sebagian besar tugas dari aplikasi yang ditawarkan oleh pengecer dan bisnis konsumen lainnya. Hal tersebut dikarenakan bot dapat mengenali berbagai frasa lisan atau ketikan, di mana aplikasi yang nanti digunakan memaksa pengguna untuk memilih pilihan pada menu drop-down.

"Bot adalah aplikasi baru," kata CEO Microsoft, Satya Nadella bulan lalu. Microsoft baru saja menciptakan alat-alat pemrograman baru untuk berbisnis yang akan membuat bot.

Nantinya bot tersebut akan berinteraksi dengan pelanggan di Skype, Internet Voice milik Microsoft, maupun layanan pengiriman pesan dan video lainnya.

Pengiriman pesan online telah menjadi rutinitas bagi sebagian orang. Konsultan media dan teknologi, Michael Wolf, mengatakan fasilitas ini menawarkan kedekatan yang lebih dari sekedar email atau panggilan suara. Oleh karena itu, penerapan bot dalam layanan pengiriman pesan adalah hal yang sesuai.

(Shabrina Aulia Rahmah/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini