Sukses

Jelajahi Sabang hingga Merauke, Telkomsel Terbangkan Dua Drone

Lewat program Ekspedisi Langit Nusantara, Telkomsel akan melintasi lebih dari 50 kota di Indonesia dengan menggunakan 2 buah pesawat nirawak

Liputan6.com, Jakarta - Operator pelat merah Telkomsel berencana menjelajahi Indonesia dengan dua buah pesawat nirawak atau drone.

Kegiatan ini akan dilaksanakan selama satu bulan yakni sejak 14 April-14 Mei 2016. Melalui program bernama Ekspedisi Langit Nusantara atau Elang Nusa ini, Telkomsel akan melintasi lebih dari 50 kota di Indonesia.

Untuk melintasi 50 kota, Telkomsel menggunakan dua buah pesawat nirawak yang memiliki bentangan sayap hingga 2,5 meter. Keduanya diterbangkan secara bersamaan dari Sabang dan Merauke.

Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah. mengatakan Ekspedisi Elang Nusa merupakan misi yang sangat spesial.

"Elang Nusa adalah misi terbesar dan pertama di angkasa Indonesia dengan menggunakan dua buah pesawat nirawak dan melewati seluruh Indonesia. Nantinya, kedua pesawat tersebut akan bertemu di Garuda Wisnu Kencana Bali pada 14 Mei 2016," kata Ririek saat meresmikan Ekspedisi Elang Nusa di Telkomsel Smart Office, Jakarta, Kamis (14/4/2016).

Pesawat nirawak dari Sabang akan menempuh jalur barat (Elang Barat) dan melintasi kota Medan, Sibolga, Padang, Pekanbaru, Pelembang, Jakarta, Bandung, Tasikmalaya, Yogyakarta, Surabaya, Bromo, Malang, Jember, Banyuwangi dan berakhir di Bali.

Sementara, Elang Timur yang berangkat dari Merauke akan melewati Sorong, Ambon, Manado, Banjarmasin, Makassar, dan Labuan Bajo.

Ia melanjutkan, kedua pesawat nirawak tersebut akan melintasi jarak 8.500 kilometer. Selama penerbangan, kata Ririek, pesawat akan menangkap keanekaragaman di Indonesia secara live dan akan dibagikan melalui laman Telkomsel.

Hal ini dilakukan agar bentang alam Indonesia ini tidak hanya bisa dinikmati pelanggan Telkomsel maupun dunia internasional.

Bagi Telkomsel sendiri ekspedisi ini menjadi salah satu upaya perusahaan untuk menunjukkan jaringan broadband paling luas. "Kami nggak hanya pasang spanduk, tetapi membuktikan bagaimana kualitas jaringan Telkomsel dari Sabang sampai Merauke," ujarnya.

Untuk itu, ekspedisi ini jadi sarana ujicoba mengetes kualitas jaringan broadband Telkomsel sekaligus menjadi tekad anak usaha Telkom ini untuk meningkatkan kualitas jaringan 3G maupun 4G.

(Tin/Cas)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini