Sukses

Pesawat Nirawak Jadi Sarana Telkomsel Pamer Jaringan Broadband

Telkomsel memamerkan keunggulan jaringan broadband 3G dan 4G melalui ekspedisi Elang Nusa, yakni dengan menerbangkan pesawat nirawak.

Liputan6.com, Jakarta - Operator seluler Telkomsel menerbangkan dua buah pesawat nirawak (drone) yang dilengkapi kamera perekam selama 30 hari terhitung sejak 14 April hingga 14 Mei 2016.

Kedua pesawat nirawak ini diterbangkan dari Sabang dan Merauke yang nantinya akan bertemu di Bali sebagai akhir dari ekspedisi.

Nantinya, video yang dihasilkan pesawat nirawak itu akan ditayangkan secara livestreaming melalui laman www.telkomsel/elangnusa agar bisa ditonton oleh masyarakat Indonesia maupun internasional.

Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah, ketika meresmikan peluncuran program bernama Ekspedisi Langit Nusantara atau Elang Nusa, menyebutkan program tersebut merupakan pembuktian perusahaan atas keunggulan layanan broadband Telkomsel yang tersebar ke berbagai lokasi di Indonesia.

"Jaringan broadband Telkomsel yang terluas dan tercepat akan mendukung ekspedisi ini sehingga masyarakat dapat melihat keindahan Indonesia dari udara dari hasil video yang ditangkap oleh pesawat nirawak yang kami terbangkan," kata Ririek di Jakarta, Kamis (14/4/2016).

Ririek menambahkan, selain memamerkan jaringan broadband, Elang Nusa menjadi bagian dari uji jaringan broadband yang dilakukan Telkomsel guna menjaga kualitas mobile broadband baik 3G maupun 4G. M

Ia berujar, anak usaha Telkom itu fokus meningkatkan kualitas jaringan mobile broadband guna memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan dalam menikmati layanan data.

Sementara itu, VP Marketing Communication Telkomsel Nirwan Lesmana menerangkan, pengujian ini dilakukan untuk memenuhi tiga hal, yakni pengalaman pelanggan saat berinternet, engagement atau menjalin ikatan dengan pelanggan, serta membuat hype agar program ini bisa tersebar secara viral.

Tidak hanya itu saja, dalam program ini, Vice President Prepaid and Broadband Marketing Telkomsel Ririn Widaryani menyebutkan selama pengujian jaringan broadband melalui pesawat nirawak, Telkomsel akan menyelenggarakan serangkaian kegiatan di sejumlah kota besar yang dilalui.

Di antaranya adalah seminar yang membahas mengenai dampak broadband Telkomsel terhadap perkembangan UMKM, hingga hiburan lainnya. Bahkan, Telkomsel pun berencana meluncurkan layanan LTE di beberapa kota yang dilaluinya.

Saat ini, Telkomsel mencatat, peningkatan penetrasi smartphone mendorong penggunaan data Telkomsel hingga 110 persen selama 2015. Kini jumlah pelanggan data Telkomsel mencapai 74 juta atau 50 persen dari total pelanggan. 

Sepanjang 2015, jumlah BTS Telkomsel tumbuh 20 persen atau keseluruhan mencapai 103.000 BTS di seluruh Indonesia. Dari jumlah tersebut, 50 persen merupakan BTS jaringan 3G dan 4G. Pada tahun ini, Telkomsel berencana menambah 13.000 BTS broadband. 

(Tin/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini