Sukses

Transaksi Barang Bekas di Internet Tumbuh Signifikan

Di kuartal pertama 2016 OLX mencatat 1,6 juta transaksi per bulan. Angka ini naik dari kuartal keempat 2015 yang mencapai 1,4 juta transaksi

Liputan6.com, Jakarta - Ekonomi Indonesia tampak menggeliat di awal tahun ini. Hal ini antara lain merujuk pada data yang dikumpulkan OLX dalam satu kuartal ini. Dari data tersebut, terdapat kenaikan supply dan demand di semua kategori penting di OLX.

Misalnya, di kuartal keempat 2015 lalu, data OLX menunjukkan jumlah transaksi yang terjadi mencapai 1,4 juta transaksi per bulan. Di kuartal pertama 2016, angka ini naik menjadi lebih dari 1,6 juta transaksi per bulan atau terdapat peningkatan sebesar 18%.

Menariknya, nilai transaksi juga tercatat mengalami peningkatan, dari Rp51 triliun di sepanjang kuartal keempat 2015 menjadi Rp73 triliun di sepanjang kuartal pertama 2016 atau ada pertumbuhan sebesar 43%.  

Selain di kategori utama OLX seperti Gadget, Mobil dan Motor, ada sejumlah kategori lain yang juga tumbuh pesat yaitu jasa, lowongan pekerjaan, bangunan komersial dan hobi.

“Angka pertumbuhan di berbagai kategori ini mengindikasikan bahwa masyarakat sudah makin terbiasa untuk jual beli barang barang bekas. Kami senang OLX sebagai platform jual beli barang bekas terbesar di Indonesia dapat mendukung pergerakan ekonomi Indonesia,” ujar Chief Executive Officer OLX Indonesia, Daniel Tumiwa, dalam keterangan resmi yang kami terima.

Kemudian OLX mencatat pula jumlah pengguna aktifnya naik menjadi 20 juta orang per bulan dan jumlah penjualnya naik menjadi lebih dari 900 ribu orang setiap bulannya.

Selain itu, jumlah iklan terpasang di OLX juga mengalami peningkatan 20% menjadi 4,8 juta iklan setiap bulannya. Beberapa kategori yang disorot antara lain kategori jasa. Di kategori ini terdapat kenaikan jumlah iklan sebesar 34% dan jumlah iklan yang mendapat buyer juga tumbuh sebesar 42%.

Yang tak kalah menarik, iklan lowongan pekerjaan tumbuh sebesar 18%, dengan jumlah pelamar naik sebesar 53%. Perlu digarisbawahi, lowongan pekerjaan yang ditawarkan merupakan lowongan kerja untuk sektor informal atau staf, antara lain supir, kasir, hingga pegawai administrasi.

Selanjutnya, bangunan komersial dijual dan disewakan pun naik 20% dari segi jumlah iklan, dan jumlah bangunan komersial terjual atau tersewa naik signifikan hingga 56%.

Terakhir, geliat ekonomi ini juga tampak dari seberapa cepat konsumen Indonesia melakukan upgrade barang yang miliknya seperti mobil dan sepeda motor. OLX mencatat masyarakat Indonesia rata-rata upgrade mobil dan sepeda motornya masing-masing sebelum 4 dan 2 tahun pemakaian.

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.