Sukses

Kesan Pertama Menjajal UberMotor

Seperti apa rasanya menjadi penumpang UberMotor? Tekno Liputan6.com mencoba layanan ini secara perdana dengan harga terjangkau.

Liputan6.com, Jakarta - Uber akhirnya resmi memperkenalkan layanan ojek online-nya, UberMotor, pada Rabu, (13/4/2016). Kehadiran UberMotor tentu membawa warna baru di kancah persaingan ojek online. Sebab, UberMotor diklaim memiliki harga yang paling terjangkau.

Penasaran dengan layanan ini, Tekno Liputan6.com pun menjajal seperti apa layanan yang ditawarkan. Pada Jumat, (15/4/2016), kami mencoba meggunakan aplikasi UberMotor.

Tampilan layanan Uber kali ini berbeda di halaman awal, jika Anda yang biasa menggunakan layanan kendaraan roda empat di Uber X, maka Anda akan melihat penambahan layanan UberMotor di sisi kiri sebelah Uber X dan UberBlack.

Kami pun memilih opsi ’Set Pickup Location’. Sama seperti layanan ojek online lain, di sini pengguna harus mengisi alamat penjemputan dan pengantaran, serta mengisi kolom tambahan terkait detail penjemputan.

Tampilan layanan UberMotor dari aplikasi Uber (Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza)

Selain itu, pengguna juga bisa melihat seberapa besar estimasi ongkos yang dipatok selama perjalanan. Mengingat ini adalah Uber, ketetapan ongkos perjalanan ditentukan setelah kendaraan sampai di tempat tujuan.

Tampilan layanan UberMotor dari aplikasi Uber (Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza)

Setelah proses pemesanan berlangsung, Anda akan dihubungi oleh driver. Di saat yang bersamaan, Anda bisa melihatnya dari map, sehingga Anda mengetahui secara persis di mana lokasi driver.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tampilan Aplikasi

Tampilan layanan UberMotor dari aplikasi Uber (Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza)

Anda juga bisa melihat nama pengemudi, serta jenis motor dan nomor polisi yang tertera di identitas driver. Transisi animasi yang ditampilkan lewat aplikasi ini begitu halus dan interaktif. Kami juga tidak menemui adanya lagging selama memesan ojek.

Tampilan layanan UberMotor dari aplikasi Uber (Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza)

Tak lama setelahnya, driver langsung menjemput. Dengan tujuan Bendungan Hilir-Blok M, perjalanan ditempuh dalam kurun waktu 15 menit.

3 dari 3 halaman

Jumlah Ongkos


Setelah turun di tempat tujuan, barulah driver menetapkan jumlah ongkos di mana kami hanya membayar sebesar Rp 5.000 saja. Jumlah tersebut tentu sangat mengesankan untuk sebuah jarak tempuh perjalanan yang terhitung tidak terlalu dekat.

Tampilan layanan UberMotor dari aplikasi Uber (Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza)

Seperti diketahui, UberMotor menghadirkan tarif dasar Rp 1.000 dan tambahan tarif per kilometer Rp 1.000, serta tarif per menit Rp 100.

Sedangkan tarif minimumnya adalah Rp 1.000. Untuk membayar tarif tersebut, Uber Indonesia menghadirkan cara pembayaran dengan metode tunai, kartu kredit, maupun debit.

Namun, selama masa promosi, Uber Indonesia memberikan perjalanan gratis bagi pengguna pertama UberMotor di Jakarta.

"Kami memberikan perjalanan gratis bagi para pengguna pertama uberMotor. Mulai sekarang hingga 11 Juli 2016, dengan memasukkan kode promosi 'uberMOTORJKT' pada aplikasi, Anda akan mendapatkan perjalanan gratis bersama Uber senilai Rp 75.000," kata Uber Indonesia.

(Jek/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini