Sukses

Begini Cara Temukan Ponsel Android Hilang dari Google

Jika Anda lupa menaruh ponsel Android, fitur Google ini bisa membantu menemukan kembali Android Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang yang seringkali lupa di mana menaruh ponselnya, bisa jadi ponsel itu ada di dekat kita atau benar-benar hilang.

Informasi pada laman CNET yang dikutip Tekno Liputan6.com, Jumat (15/4/2016), dengan bantuan Google, kini seseorang tidak perlu lagi kebingungan mencari keberadaan smartphone Android-nya.

Setiap perangkat Android dibekali dengan aplikasi Google App yang sudah terpasang di dalamnya. Kemudian, aktifkan setting Now cards serta nyalakan notifikasi Google Now. Selanjutnya, laporan lokasi perlu diatur ke mode "High accuracy."

Cara untuk menemukan ponsel Anda, pertama gunakan browser dan masuk ke akun Google. Akun tersebut harus sama dengan yang dimasukkan pada ponsel.

Selanjutnya, ketik "find my phone" pada laman pencarian Google pada komputer. Google pun akan merespon dengan memberikan tampilan peta lokasi ponsel Android Anda berada dengan tingkat akurasi yang cukup tinggi.

Nah, jika ponsel tertinggal di rumah,  tidak bisa memberitahukan di ruangan mana ponsel tersebut berada. Meski begitu, ponsel Anda bisa berdering sehingga memudahkan pencarian.

Pencarian smartphone Android langsung melalui mesin pencari Google

Untuk mengaktifkan deringan ponsel, klik ikon atau tautan Ring pada peta. Kemudian, perangkat akan berdering dengan volume kencang selama lima menit.

Saat Anda menemukan ponsel yang dicari-cari, klik tombol power untuk mematikan deringan. Selain ponsel, tablet yang hilang juga bisa ditemukan dengan cara yang sama.

Walau demikian, fitur Google search bukanlah satu-satunya cara untuk mengetahui keberadaan perangkat Android Anda. Fitur serupa, yakni Android Device Manager juga bisa menemukan dan membunyikan ponsel.

Tidak hanya itu, jika Anda mengira ponsel telah dicuri, fitur yang sama juga bisa mengunci ponsel atau me-reset password untuk menghapus data-data di dalamnya.

Apple juga menawarkan fitur pencarian serupa dengan nama Find My iPhone, sehingga jika perangkat iPhone atau iPad maupun Android Anda hilang, bisa mencoba cara-cara tersebut.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini