Sukses

Google Luncurkan Aplikasi Khusus bagi Difabel

Aplikasi baru tersebut mempermudah orang-orang yang kesulitan menyentuh layar untuk mengakses berbagai fungsi yang ada di ponsel.

Liputan6.com, Jakarta - Google kembali meluncurkan aplikasi baru. Kali ini Google merilis versi beta dari layanan hands-free, Voice Access, bagi pengguna Android.

Sesuai dengan namanya, fitur ini mempermudah akses ke ponsel pengguna hanya melalui suara. Pengguna dapat mengontrol berbagai fungsi yang ada di ponsel miliknya. 

Aplikasi tersebut bisa digunakan untuk menavigasi berbagai konten menggunakan kalimat seperti "open Chrome" atau "go home". Manager Accessibility Engineering Google, Eve Andersson, mengatakan kehadiran aplikasi tersebut bertujuan mempermudah orang-orang yang kesulitan menyentuh layar untuk mengakses berbagai fungsi di ponsel.

"Kami baru saja meluncurkan Voice Access Beta, sebuah aplikasi yang ditujukan bagi orang-orang yang sulit mengakses layar sentuh karena mengalami kelumpuhan, tremor, cedera sementara, atau alasan lain, untuk mengontrol perangkat Android mereka melalui suara," jelas Andersson dalam sebuah posting di blog Google, seperti dikutip dari PC Authority, Jumat (15/4/2016).

Meski diciptakan untuk difabel, aplikasi tersebut juga bisa digunakan orang-orang yang menginginkan cara lebih praktis untuk mengakses ponsel.

Untuk saat ini aplikasi tersebut belum bisa diakses seluruh pengguna Android, melainkan baru oleh pengguna yang telah mendaftar program pengujian Google saja.

(Din/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.