Sukses

10 Tips Bermain Clash Royale Untuk Player Pemula

Dalam artikel ini, tim Tekno Liputan6.com merangkum 10 kesalahan yang sering dilakukan oleh player baru di Clash Royale.

Liputan6.com, Jakarta - Sudah main Clash Royale? Bagi Anda yang belum main, sepertinya harus mulai bermain salah satu gim mobile paling populer ini sekarang.

Namun, sebelum mulai main untuk pertama kalinya, tidak ada salahnya untuk menyimak artikel yang tim Tekno Liputan6.com sajikan berikut ini.

Dalam artikel ini, tim Tekno Liputan6.com merangkum 10 kesalahan yang sering dilakukan oleh player baru di Clash Royale.

1. Lupa Memperhitungkan Elixir

Memiliki elixir yang cukup merupakan hal terpenting saat bermain Clash Royale. Akan tetapi, hal ini sering kali dilupakan oleh player pemula.

Untuk memenangkan perperangan di Clash Royale, Anda tidak membutuhkan kartu dengan konsumsi elixir yang tinggi. Cukup dengan kartu yang konsumsi elixir-nya rendah pun, Anda dapat mengalahkan lawan.

Ketika akan mengeluarkan kartu, Anda harus berpikir apakah kartu yang akan Anda keluarkan akan memberikan keuntungan dalam jumlah elixir.

Contohnya, lawan Anda melemparkan kartu Goblin Barrel ke menara bertahan Anda. Kartu yang dia mainkan membutuhkan empat elixir, namun jika Anda menggunakan kartu Arrows di saat yang tepat dengan hanya tiga elixir, Anda dapat membunuh goblin yang muncul dengan keuntungan satu elixir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terlalu Agresif

2. Terlalu Agresif

Keseimbangan dalam menyerang dan bertahan adalah kunci terpenting dalam kemenangan Anda. Namun, terkadang situasi yang terjadi berbanding terbalik.

Terlalu fokus ingin menyelesaikan battle, Anda menggunakan seluruh kartu yang ada di tangan sementara lawan Anda bertahan dengan kartu yang butuh elixir sedikit.

Dia pun mampu memainkan kartu Rider Hog atau Prince yang diletakkan di jalur lain, sementara Anda harus menunggu elixir kembali naik. Apa yang terjadi? Bukannya menara pertahanan lawan yang runtuh, justru menara pertahanan Anda yang runtuh.

3. Jangan Pernah Remehkan Lawan

Dipasangkan dengan lawan yang memiliki tropies yang sama dengan Anda, bukan berarti lawan Anda tidak bisa bermain. Beberapa player memang 'sengaja' tetap di kategori pemain pemula hanya karena ingin lebih menikmati Clash Royale dengan santai dan tidak terburu-buru.

4. Dilarang Emosi!

Hanya karena gagal atau kalah berturut-turut, bukan berarti boleh melempar perangkat mobile yang Anda miliki. Bila Anda tidak menenangkan emosi, hasil battle pun akan tetap sama yaitu kalah lagi.

Hubungan emosi player dengan kekalahan tidak hanya terjadi pada gim Clash Royale saja kok. Hal serupa juga sering terjadi di ajang eSports profesional sekali pun.

Sedikit saran untuk Anda yang mudah terpancing emosinya, istirahat setelah tiga kali kalah berturut-turut di dalam battle.

3 dari 4 halaman

Ubah Kombinasi Kartu

5. Coba Ubah Kombinasi Kartu di Tangan

Jangan takut bereksperimen dengan kartu yang Anda miliki, apalagi bila Anda mendapatkan kartu baru. Namun, usahakan untuk tidak mengubah seluruh susunan kartu di tangan hanya karena kalah satu atau dua kali battle.

Kekalahan yang terjadi bukan karena dek kartu Anda jelek, tetapi lebih Anda masih belum menguasai susunan dek yang baru. Kenali kartu baru yang Anda tambahkan ke dalam dek dengan lakukan friendly battle dengan anggota clan Anda.

6. Ragu-ragu Meletakkan Troops

Apa yang akan Anda lakukan jika ada satu orang barbarian menyerang menara pertahanan Anda? Apakah Anda perlu mengeluarkan Archers untuk membunuhnya? Tidak perlu, Anda tidak perlu melakukan apa pun karena menara Anda akan membunuh dia dengan mudah.

Bila Anda mengeluarkan Archers, Anda akan membuang percuma tiga elixir. Kesalahan lainnya yang sering dilakukan oleh player pemula adalah bingung saat ingin memainkan kartu yang dimiliki.

Sebagai contoh, saat lawan Anda melempar Goblin Barrel, tetapi karena ragu-ragu Anda telat menggunakan kartu Arrows, goblin pun sudah menyerang menara Anda.

7. Gunakan Kartu yang Memiliki Dua Tipe Serangan

Maksudnya adalah gunakan kartu di mana lawan Anda sulit mendapatkan keuntungan elixir dengan mudah. Contoh yang paling tepat adalah Baby Dragon.

Memiliki kemampuan untuk menyerang lawan di darat dan di udara, Baby Dragon juga dapat memberikan damage yang cukup besar terhadap menara lawan.

Contoh lain adalah kartu Arrows dan Frozen. Banyak digunakan untuk menyerang, kedua kartu ini lebih tepat untuk meng-counter serangan lawan. Kartu lain yang memiliki fungsi sama seperti Arrows dan Frozen adalah kartu Minion Horde dan Skeleton Army.

4 dari 4 halaman

Elixir Habis

8. Elixir Habis

Cukup mengesalkan memang saat elixir yang Anda miliki habis dan hanya bisa melihat lawan Anda menyerang menara pertahanan.

Jangan lepaskan pandangan Anda dari jumlah elixir yang dimiliki, pastikan untuk menyisakan satu atau dua elixir untuk dapat Anda gunakan untuk menghadang serangan lawan Anda.

9. Lihat Kanan dan Kiri

Layaknya akan menyebrang jalan, pastikan Anda melihat kedua jalur yang ada. Player pemula banyak yang terlalu fokus dengan satu jalur dengan memainkan kartu yang ada di tangan untuk mempertahankan diri dari serangan lawan atau pun ingin merobohkan menara pertahanan lawan.

Padahal jika diperhatilkan dengan kepala dingin, satu jalur lagi kosong dan kemungkinan besar tidak dijaga karena lawan pun juga terlalu sibuk.

10. Tak Kenal Maka Tak Sayang

Hal yang mendasar memang. Untuk memenangkan battle dalam Clash Royale, Anda harus mengenal seluruh kartu yang Anda miliki lengkap dengan kelebihan dan kekurangan yang mereka miliki.

Pastikan untuk mengecek seluruh kartu terlebih dahulu sebelum bermain dan mempelajari beberapa kombinasi kartu tiap-tiap kartu.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini