Sukses

Google Adopsi Fitur Podcast ke Google Play Music

Google akhirnya menghadirkan layanan podcast ke Google Play Music agar penggunanya bisa menikmati show favoritnya melalui aplikasi tersebut.

Liputan6.com, California - Raksasa mesin pencari Google akhirnya menghadirkan podcast ke layanan Google Play Music. Menurut informasi yang Tekno Liputan6.com kutip dari Tech Crunch, Kamis (21/4/2016) kehadiran layanan ini baru berlaku di Amerika Serikat dan Kanada.

Langkah ini disebut-sebut mengikuti apa yang dilakukan layanan Spotify yang baru saja meluncurkan dukungan podcast beta. Selain itu, Google juga membuntuti jejak iTunes yang merupakan pemutar musik pertama yang mendukung podcast di tahun 2005.

Sebelumnya di Oktober, Google meluncurkan sebuah situs untuk pengguna podcast di Amerika Serikat yang ingin menghadirkan show podcast ke Google Play Music. Saat itu, perusahaan mesin pencari ini belum mengumumkan kapan podcast bisa diputar di aplikasi musik yang memungkinkan pendengar mendengar secara langsung.

Namun, pada Februari, pengguna Google Play Music mulai melihat sesi podcast di aplikasi mereka. Dikabarkan, hal ini bisa dilakukan karena perusahaan bermarkas di Mountain View ini sedang menguji cobakan fitur itu.

Karenanya, bukan kejutan besar jika layanan podcast sudah bisa dinikmati pengguna Google Play Music.

“Seperti playlist musik, pengguna bisa mendengarkan podcast berdasarkan ketertarikan masing-masing," ujar perusahaan seperti tertulis dalam pengumuman resminya.

Tidak hanya itu, pengguna juga bisa mencari show tertentu. Ketika ada yang disukai, pengguna bisa berlangganan dengan cara mengunduh show secara otomatis atau memilih untuk mendapatkan notifikasi ketika episode baru tayang.

Langkah yang dilakukan Google ini diaggap sebagai upaya perusahaan untuk meningkatkan angka pengguna Google Play Music. 

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini