Sukses

5 Shortcut Android yang Wajib Anda Ketahui

Liputan6.com, Jakarta - Anda yang sudah lama menggunakan perangkat Android pasti belum 100 persen tahu seluk beluk fitur dan pengaturan di ponsel Anda. Padahal, fitur-fitur yang acapkali dilupakan ini sebetulnya cukup berperan penting dalam keseharian Anda. 

Nah, seperti yang tim Tekno Liputan6.com kutip dari CNET, Kamis(21/4/2016), berikut ini 5 shortcut di perangkat Android yang wajib Anda tahu:

1. Buka Kunci Ponsel

Lewat fitur Smart Lock, Anda akan merasa aman dan nyaman meskipun perangkat Anda tak terkunci (unlocked). Caranya, Anda mengatur dan menambahkan lokasi yang dianggap aman (trusted places). Usai Anda mengaktifkannya, perangkat Anda tidak akan terkunci (unlocked).

Namun, saat Anda meninggalkan zona "trusted places" tersebut, perangkat Anda akan terkunci dan akan meminta PIN, pattern, atau password, untuk membukanya. Fitur ini baru tersedia di perangkat Android Lollipop versi 5.0--Nexus 6 salah satunya.

Untuk mengaktifkannya, Anda pergi ke aplikasi Settings -> Security -> ketuk Smart Lock -> Trusted Places.

2. Tolak Panggilan dengan Pesan

Buatlah ponsel Anda selayaknya asisten pribadi. Apabila Anda sedang berada situasi tak memungkinkan untuk menjawab panggilan, Anda dapat mengaturnya agar dapat mengirim pesan secara otomatis. Dengan begitu, si penelopon mengerti alasan Anda tak menjawab panggilan.

Untuk mengatur ini Anda dapat pergi ke aplikasi Phone -> Settings -> Call Rejection -> Rejection Messages. Namun, perlu dicatat bahwa tiap merek atau tipe memiliki nama menu yang berbeda. Lebih lanjut, Anda dapat mengatur pesan Anda sendiri untuk ditampilkan saat menolak panggilan.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Trik Cepat Buka Kamera 

Menyalakan kamera secara tiba-tiba mungkin membutuhkan waktu lama saat Anda sedang buru-buru membidik momen terpenting. Namun, ada jalan pintas untuk memudahkan Anda menyalakan kamera tanpa harus mencari-cari di tumpukan aplikasi. 

Bagi pengguna Nexus 5X atau Nexus 6P, tap dua kali (double-tap) tombol "Power". Untuk perangkat Samsung yang dirilis pada 2015-2016, double-tap tombol fisik "Home". Pada perangkat LG V10, lakukan double-tap tombol bawah "Volume". Terakhir, putar pergelangan tangan yang menggenggam ponsel untuk membuka kamera lewat Moto G 2015.

4. Tambah Widget Kontak

Ingin menemukan kontak favorit Anda dalam sekali ketuk? Cukup tekan dan tahan pada layar Home (beranda) Anda, pilih "Widgets", dan lihat widget "Contacts" berukuran 1x1. Lalu, ketuk shortcut ini untuk memunculkan detail kontak sehingga Anda dapat langsung menelepon, mengirimkan pesan, atau email tanpa harus membuka daftar kontak.

5. Aktifkan 'OK, Google'

Tanyakan langsung pertanyaan yang ada di pikiran Anda lewat asisten virtual OK Google. Untuk mengaktifkannya, Anda cukup membuka aplikasi pencarian Google -> Settings -> Voice -> OK Google Detection -> kembali ke layar opsi. Kemudian, ucapkan kata-kata ajaib Anda tiga kali dan fitur ini akan menyala. 

(Cas/Why)

Artikel Selanjutnya
7 Trik Rahasia Optimalkan Kinerja iPhone Kamu
Artikel Selanjutnya
Cara Mengambil Screenshot di Berbagai Perangkat