Sukses

Pentingnya Data di Era Digital

Proses perencanaan dan pengambilan keputusan perusahaan menjadi lebih efektif dengan menggunakan data digital.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu kunci sukses sebuah perusahaan adalah memanfaatkan berbagai data dengan baik, agar bisa mengambil keputusan tepat. Tak pelak lagi, data menjadi salah satu strategi perusahaan.

Namun kini telah mulai terjadi pergeseran pengelolaan data dan strategi ke arah digital. Hal ini diungkapkan oleh Vice President Director Kartuku, Adrian Anwar. Menurut Adrian, proses perencanaan dan pengambilan keputusan perusahaan menjadi lebih efektif dengan menggunakan data digital.

Kartuku adalah salah satu penyedia solusi pembayaran atau Payment Service Provider (PSP) di Indonesia. Perusahaan membuat dan menjalankan sistem pembayaran untuk transaksi elektronik, dengan cakupan area layanan sebanyak 156 kota.

Data-data yang dibutuhkan tim manajemen Kartuku untuk perencanaan dan pengambilan keputusan, kata Adrian, meliputi pemakaian kartu kredit, pola transaksi belanja di ritel Indonesia, program promo dari perbankan, hingga musim belanja. Kartuku menggunakan sistem manajemen database Microsoft SQL Server untuk mengelola semua data tersebut.

"Kami telah menggunakan data digital ini dalam proses pengambilan keputusan di berbagai kasus seperti penentuan teknologi pembayaran yang optimal untuk mitra bisnis," ujar Adrian saat ditemui di kawasan Jakarta, Rabu (20/4/2016).

Pentingnya pengelolaan data yang baik, menurut Adrian, dibutuhkan semua perusahaan terutama para pelaku bisnis e-Commerce. Ia pun mengibaratkan data sebagai nyawa e-Commerce.

"Karena dari data, bisa dibangun data intelijen yang berguna untuk menggaet konsumen, seperti apa saja yang disukai, sehingga mereka (perusahaan) bisa membuat keputusan tepat soal apa lagi yang akan diberikan kepada konsumen," tutur Adrian.

(Din/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini