Sukses

4 Hal Mengerikan Terjadi pada Tubuh Jika Main HP Lebih dari 2 Jam

Wah, ternyata main HP lebih dari 2 jam berdampak 4 hal mengerikan berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Zaman sekarang, siapa yang tidak membutuhkan smartphone? Tentu saja, smartphone seakan menjadi mesin canggih dari bagian tubuh kita. Sebagian besar orang, merasa sangat bangga dengan perangkat mobile mereka, terlebih dengan fitur yang dimiliki handset tersebut.

Berkomunikasi kini menjadi lebih mudah. Hanya dengan mengoperasikan sebuah alat yang dinamakan smartphone dalam sebuah genggaman, kamu sudah leluasa melakukan komunikasi ke semua kerabat. Lalu, apakah sehat saat berlama-lama memandang layar smartphone? Berikut, ada empat efek negatif dari kesehatan, ketika kamu menatap ponsel secara berlebihan.

1. Mata tegang
Mungkin ini bahaya yang paling banyak dikenal orang setelah kamu memegang smartphone terlalu lama. Dikutip dari CuriousMob, The Vision Council’s 2005 Digital Eye Strain Report mengatakan bahwa 37 persen dari generasi milenial menghabiskan minimal 9 jam untuk melihat smartphone mereka. Kemudian 7 dari 10 orang melaporkan bahwa mereka mengalami ketegangan mata seperti mata kering, iritasi, kemerahan, dan bahkan sakit kepala yang berkepanjangan, kelelahan, serta rabun dekat.

Nah, solusi yang tepat untuk mencegah kerusakan mata ialah membatasi penggunaan smartphone, menghindari penggunaan ponsel di tempat tidur, tidak menggunakan ponsel untuk sesuatu yang memakan waktu lama yang biasanya dilakukan melalui PC, dan rebahkanlah leher kamu beberapa kali dalam sehari. Mudah bukan?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

2. Bantalan tulang bergeser
Ketika kamu menunduk, tepatnya pada sudut 60 derajat untuk melihat smartphone, itu sama saja dengan memberatkan kepala kamu enam kali lipat. Pada kondisi demikian, terjadi peningkatan tekanan pada leher. Hal ini merupakan hasil sebuah penelitian yang dilakukan dari Kenneth Hansraj, M.D., Chief of Spine Surgery di New York Spine Surgery and Rehabilitation Medicine.

Bantalan tulang bergeser diakibatkan saat salah satu cakram di antara tulang belakang rusak dan akhirnya menekan syaraf. Pastinya hal itu sangatlah sakit. Untungnya, ada cara sederhana untuk mencegah hal tersebut. Kamu hanya perlu memperbaiki postur tubuh. Kamu harus selalu bekerja dengan kepala yang tegak, telinga berada di atas bahu, dan dada menjulang ke depan.

Amy Cuddy, PhD. selaku peneliti terkenal menyebutkan bahwa postur seperti itu akan merangsang produksi testosteron yang akan membantu untuk meningkatkan rasa percaya diri, bahkan meski dalam situasi merugikan. Tetapi, kamu juga jangan bandel. Kamu tidak diperbolehkan memegang ponsel selama itu. Jika memang harus menggenggam ponsel, gunakan smartphone dengan cara memegangnya lurus ke depan, tanpa membuat leher menunduk.

Selengkapnya baca di sini

(Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini