Sukses

Ini Dia Daftar Aplikasi yang Bikin Smartphone Lemot

Liputan6.com, Jakarta - Kehadiran beragam aplikasi di smartphone tentunya bisa memudahkan Anda dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Namun hati-hati, terlalu banyak meng-install aplikasi bisa jadi malah membuat smartphone Anda jadi semakin lemot sebab adanya keterbatasan kapasitas penyimpanan di gadget Anda.

Untuk itu, ada baiknya Anda mulai memilah aplikasi mana saja yang sering digunakan untuk mendukung kegiatan Anda dan aplikasi mana yang tidak penting.

 

Diansir dari laman Android Pit, Kamis (21/4/2016), berikut lima aplikasi yang bikin smartphone Anda lemot dan wajib dihapus dari smartphone:

1. Facebook

Facebook pada umumnya langsung tersedia di smartphone baru tanpa harus terlebih dahulu meng-installnya. Popularitas aplikasi jejaring sosial ini pun sudah tidak diragukan lagi, dengan adanya jejaring sosial ini para penggunanya dapat terhubung dengan orang-orang kapanpun dan di manapun.

Namun, hadirnya beberapa fitur dan notifikasi lewat aplikasi ini justru membuat kapasitas penyimpanan smartphone Android menjadi boros. Maka, aplikasi ini ada baiknya dihapus. 

Namun, jika Anda merupakan orang yang kerap membuka Facebook setiap hari, jangan khawatir. Anda masih bisa menggunakan browser untuk membuka Facebook. Ini justru akan lebih jauh menghemat kapasitas memori dan baterai jika dibandingkan dengan menggunakan aplikasi.

1 dari 3 halaman

Aplikasi atau Widget Cuaca

2. Aplikasi cuaca

Hadirnya aplikasi cuaca memang sangat membantu penggunanya untuk mengetahui cuaca yang sedang berlangsung pada hari tersebut.

Namun, dengan hadirnya update prakiraan cuaca yang kerap tampil secara berkala rupanya memakan banyak daya baterai, terlebih jika pengguna memasang widget di layar home.

Jika Anda tetap ingin memanfaatkan fitur prediksi cuaca, Anda masih bisa menggunakan fitur Google Now untuk menanyakan langsung terkait informasi cuaca.

3. Anti virus gratisan

Perangkat Android memang rentan terkena serangan virus. Karenanya, kehadiran aplikasi anti virus dan pelindung keamanan Android memang sangat dibutuhkan untuk mencegah hal tersebut.

Namun, yang menjadi kekurangan aplikasi ini rupanya dapat memakan daya baterai smartphone Anda dalam skala yang cukup besar.

Kendati demikian, Anda masih bisa mengakali hal tersebut dengan mengunduh aplikasi atau konten lainnya secara aman, langsung dari toko aplikasi Google Play Store. 

Aplikasi yang hadir di Google Play Store memang bebas virus dan diklaim 100 persen aman. Bahkan, Android mengklaim sistem operasinya terlindung dari serangan virus dan telah mengakomodasi sistem enkripsi.

2 dari 3 halaman

Aplikasi `Clean Master` (atau aplikasi pembersih sejenisnya)

4. Aplikasi pembersih

`Membersihkan` aplikasi di perangkat Android memang dapat meningkatkan performa smartphone Android Anda lebih lancar lagi. Hal tersebut dilakukan untuk menghapus beberapa cached data (data sisa) yang rupanya memakan kapasitas memori.

Namun perlu diingat, rupanya Clean Master dan beberapa aplikasi sejenisnya seperti CC Cleaner dan Speed Booster rupanya juga dapat menyisakan `sampah` dan dapat menghabiskan daya baterai. 

Ada baiknya, Anda berpikir dua kali ketika hendak mengunduh aplikasi semacam ini, Anda masih bisa mengakali pembersihan sampah dari smartphone Anda dengan beranjak ke Settings, pilih pilihan Apps dan pergi ke direktori Downloaded. Dari situ, pilih aplikasi yang ingin dibersihkan dengan memilih tulisan Clean Cache.

5. Aplikasi Browser bawaan Android

Aplikasi browser bawaan Android nyatanya dapat memakan kuota data internet yang cukup besar. Namun, Anda masih bisa mengakali hal tersebut dengan mengunduh aplikasi browser lainnya seperti Opera Mini.

Aplikasi ini memiliki fitur untuk meminimalisir penggunaan data internet pengguna ketika hendak mengunjungi situs tertentu.

(jek/Ndw)