Sukses

Tenaga Surya, Harapan Baru untuk Penduduk Terisolasi

Tenaga surya memberikan kesempatan bagi penduduk yang terisolasi dan di luar jangkauan jaringan listrik seperti di pedesaan di kawasan Andes, Argentina.

Liputan6.com, Misa Rumi: Seorang pelopor proyek energi surya menggunakan teknologi hijau tersebut untuk meningkatkan kehidupan penduduk desa yang terisolasi dan di luar jangkauan jaringan listrik seperti di kawasan Andes, Argentina. Mereka selama ini mengandalkan kayu bakar untuk memasak dan menghangatkan rumah mereka selama berabad-abad. Akibatnya, terjadi penggundulan hutan dan erosi tanah.

Sekarang penduduk yang sebagian besar berprofesi sebagai penggembala Llama (hewan mamalia sejenis unta) tersebut memasak dengan menggunakan kompor tenaga surya dan menyediakan air panas untuk mandi dengan tenaga surya. Hal ini sebagai bagian dari proyek yang dipimpin oleh LSM lokal, EcoAndina Foundation.

"Kami menggunakan kompor tenaga surya setiap hari dan bekerja dengan baik. Anda dapat memasak sup atau apapun yang Anda inginkan. Ini tidak buruk sama sekali, saya kira justru hal itu memberikan hasil yang baik," ujar Julian Martinez, seorang pencari emas kepada Reuters ketika ia tengah mengaduk sepanci sup pada piring aluminium.

Dengan menggunakan alat penunjuk waktu dengan bantuan sinar matahari, kompor tenaga surya ini dihadapkan pada sinar matahari yang paling panas dan dapat membakar sehelai kertas dalam hitungan detik. Kompor itu terbukti populer sebab berhasil menyelamatkan penduduk di Provinsi Jujuy, Argentina, yang selalu mengumpulkan kayu bakar ataupun membeli tabung gas alam yang mahal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini