Sukses

Tampak Sungguhan, Robot Belut Ini Bisa Menyelam di Dalam Air

Robot besutan perusahaan teknologi Norwegia ini bahkan bisa membersihkan sampah di dasar laut.

Liputan6.com, Oslo - Sebuah robot dengan konsep unik diciptakan sekelompok ilmuwan perusahaan teknologi asal Norwegia, Kongsberg Maritime and Statoil. Robot tersebut tidak memiliki desain seperti robot lain (merujuk ke humanoid) pada umumnya.

Robot ini justru memiliki bentuk lonjong seperti belut dan tampak sungguhan. Menariknya, ia dirancang untuk berenang dan bahkan menyelam ke dasar laut.

Laman Tech Radar, Sabtu (24/4/2016), menyebutkan robot yang juga merupakan hasil kolaborasi bersama Norwegian University of Science and Technology ini mengadaptasi bentuk belut dan membuatnya sebagai 'alat' untuk mengerjakan tugas yang tidak bisa dilakukan manusia (atau bahkan robot lain) di dasar laut.

Diungkap, proses pembuatan robot tersebut memakan waktu lebih dari 10 tahun. Kendati begitu, salah seorang ilmuwan dari Kongsberg menyebutkan proses pengembangan robot ini tidak memakan banyak biaya serta membutuhkan komponen yang rumit.

"Nantinya, robot belut ini akan bekerja untuk inspeksi visual, mengawasi bagian mesin pabrik yang tertanam di laut, serta mampu membersihkan sampah yang tertimbun di dalam laut," kata juru bicara ilmuwan Kongsberg.

Sayangnya, mereka tidak mengungkap bagaimana cara robot belut membersihkan sampah yang tertumpuk di bawah laut.

Mereka hanya memamerkan betapa gemulainya robot tersebut menyelami dasar laut dalam sebuah video. Jika Anda penasaran bagaimana tampilan si robot belut, bisa langsung simak video berikut ini.


(Jek/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.