Sukses

6 Aplikasi Perekam Layar di Android tanpa Root!

Ada beberapa aplikasi yang dikembangkan secara khusus untuk merekam layar. Menariknya, aplikasi tersebut tak memerlukan akses root!

Liputan6.com, Jakarta - Sejatinya merekam layar (screen record) di smartphone Android sudah bisa dilakukan sejak bertahun-tahun lalu. Namun kemampuannya masih sangat terbatas, belum lagi ribet karena membutuhkan akses root.

Kemudian Google pun akhirnya mengenalkan Android 5.0 Lollipop, yang memungkinkan kamu merekam layar Android tanpa akses root. Jadi kamu bisa bikin video tutorial tips dan trik game atau aplikasi lebih mudah.

Ada beberapa aplikasi di Google Play Store yang dikembangkan secara khusus untuk merekam layar. Apa saja aplikasi tersebut, yuk simak di sini!

1. YouTube Gaming

Aplikasi YouTube Gaming di Android. Kredit: JalanTikus/Lukman Aziz

Awal bulan April Google akhirnya meluncurkan channel YouTube Gaming di Indonesia, yang berisi video tentang game dan live streaming yang berhubungan dengan game. Google menyebutnya sebagai "komunitas terbesar dari para gamer di internet".

Aplikasi YouTube Gaming ini sudah tersedia di Android dan iOS. Selain menonton video terkait game, kamu juga bisa juga merekam layar untuk game atau aplikasi lainnya dengan aplikasi ini. Kamu bisa langsung upload ke YouTube atau cukup menyimpannya saja di memori telepon.

Terdapat satu fitur menarik, yaitu mobile capture yang menampilkan wajah kamu saat merekam layar. Fitur ini tentunya memudahkan kamu menjelaskan lebih menarik tanpa bantuan software video editor khusus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rec. (Screen Recorder)

2. Rec. (Screen Recorder)

Aplikasi YouTube Gaming di Android. Kredit: JalanTikus/Lukman Aziz
Meskipun Rec. sudah lama hadir, aplikasi ini tidak sederhana. Kamu bisa mengatur bitrate, resolusi, dan kontrol waktu. Tidak ada batas waktu, sehingga kamu bisa merekam sepuasnya sampai kapasitas memori penuh. Hasilnya juga tanpa watermark. Rec. punya versi Pro, jika kamu ingin menghilangkan iklan dan untuk akses ke pengaturan lebih lanjut, seperti kualitas video preset.

Selengkapnya baca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini