Sukses

Facebook Siapkan Aplikasi Kamera Tersendiri

Aplikasi ini tak hanya dapat digunakan untuk mengambil gambar atau video, tapi juga mendukung kemampuan live-streaming

Liputan6.com, Jakarta - Sekelompok insinyur Facebook di London dikabarkan tengah mengembangkan aplikasi kamera tersendiri yang mendukung penggunaan live-streaming. Informasi ini pertama kali diketahui dari laporan The Wall Street Journal beberapa waktu lalu.

Namun, seperti dilansir laman The Verge, Selasa (26/4/2016), aplikasi ini disebut akan berbentuk seperti aplikasi kamera pada umumnya. 

Selain digunakan untuk mengambil gambar dan video, aplikasi ini juga dapat dipakai untuk melakukan live-streaming melalui Facebook Live--layaknya aplikasi Snapchat.

Namun, belum diketahui kapan aplikasi itu siap dirilis untuk publik. Berdasarkan informasi terbaru, saat ini aplikasi tersebut masih berupa purwarupa dan dalam tahap uji coba sebelum benar-benar dirilis.

Beberapa analis memperkirakan kehadiran aplikasi ini merupakan upaya Facebook menggaet lebih banyak pengguna untuk berbagi gambar maupun video. 

Bahkan, bukan tak mungkin aplikasi Facebook ini dapat bersaing dengan aplikasi live-streaming lain seperti Periscope ataupun Snapchat.

Sekadar informasi, saat ini untuk aplikasi Facebook di perangkat mobile belum mendukung kemampuan untuk langsung mengambil gambar atau video. Jadi, pengguna diharuskan menggunakan aplikasi kamera bawaan sebelum kemudian diunggah ke Facebook. 

Hanya, tak tertutup kemungkinan aplikasi ini dapat menemui kegagalan seperti aplikasi besutan Facebook sebelumnya. Beberapa aplikasi besutan divisi Creative Labs dari Facebook memang akhirnya dimatikan karena dianggap tak berhasil.

Aplikasi seperti Slingshot, Rooms, dan Riff akhirnya dimatikan bersamaan dengan keputusan Facebook untuk mematikan divisi Creative Labs pada Desember lalu. Salah satu aplikasi yang mempu bertahan sampai saat ini adalah Facebook Messenger.

Sebenarnya, ini bukan kali pertama Facebook merilis aplikasi kamera tersendiri. Sebelumnya, Facebook juga sempat meluncurkan aplikasi Facebook Camera. Namun, akhirnya aplikasi itu ditutup tak lama setelah Facebook mengakuisisi Instagram.

(Dam/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini