Sukses

5 Cara Maksimalkan Penggunaan Google Keep

Ingin jadi pengguna Google Keep yang mahir? Baca 5 langkah berikut ini

Liputan6.com, Jakarta - Google Keep memang tak selalu menjadi aplikasi bawaan Google yang diikutsertakan pada smartphone Android. Namun, aplikasi pencatat itu merupakan salah satu aplikasi penting untuk mendukung produktivitas seseorang.

Sebagai salah satu aplikasi yang menawarkan kemudahan dan kesederhanaan, Keep ternyata memiliki beberapa fitur yang tak diketahui banyak orang. Beberapa fitur tersebut, apabila digunakan secara maksimal, jelas akan menambah keuntungan bagi pengguna Google Keep.

Untuk itu, Tim Tekno Liputan6.com akan menyajikan 5 cara memaksimalkan Google Keep, seperti dihimpun dari laman Green Bot, Kamis (28/4/2016). 

1. Membuat Daftar dengan Suara
Salah satu kegunaan Google Keep adalah membuat daftar kegiatan, mulai dari belanja hingga daftar kebutuhan lain. Hal yang belum diketahui banyak orang adalah fitur ini ternyata bisa diakses langsung hanya dengan memakai suara.

Sebelumnya, pengguna harus membuat judul catatan di Keep terlebih dulu, misalnya, 'Shopping List'. Setelah itu, pengguna dapat membuka Google Search di Android dan mengucapkan 'Add to my shopping list'.

Nantinya, akan muncul kartu Google Now yang mendaftarkan barang yang diucapkan. Untuk mengakhirinya, pengguna cukup mengucapkan 'finished' atau 'that's it', lalu semua daftar tersebut dapat langsung tersimpan di daftar belanjaan pada Keep.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Daftar Pengingat dan Berbagi Tulisan

2. Membuat Pengingat

Keep memang lebih dikenal sebagai aplikasi pencatat, tapi fitur pengingat juga disematkan Google di aplikasi tersebut. Bahkan, fitur pengingat Keep di Android sudah terintegrasi dengan Google Now.

Untuk mengaktifkannya, pengguna cukup memilih tombol pengingat ketika selesai menulis sebuah tulisan. Keep menawarkan dua pilihan pengingat yaitu berdasarkan waktu ataupun lokasi.

Jadi, ketika catatan pengingat didasarkan pada lokasi, Keep akan segera memberi notifikasi ketika pengguna dekat di lokasi yang dimaksud. Sementara untuk pilihan berdasarkan waktu, pengguna akan diberi notifikasi ketika waktunya tiba.


3. Berbagi Konten Tulisan

Keep memiliki dua pilihan berbagai konten tulisan pada orang lain yakni sharing dan sending. Sending merupakan langkah untuk berbagi konten dengan orang lain melalui aplikasi berbeda, sedangkan sharing memberi kesempatan pada orang lain mengetahui hal yang ditulis pengguna pada Google Keep.

Fitur sharing memungkinkan orang lain membaca dan mengedit sebuah catatan yang dimiliki pengguna pada Keep. Untuk berbagi tulisan, pengguna cukup menulis alamat email orang lain yang akan dibagi tulisan tersebut.

Setelah itu, orang lain akan menerima undangan tersebut sebelum akhirnya berpartisipasi dalam sebuah tulisan pada Keep. Pengguna juga dimungkinkan untuk menghapuskan orang lain yang dibagi tulisan tersebut kapan pun.

3 dari 3 halaman

Ekstrak Teks dan Kirim ke Docs

4. Mendapatkan Teks dari Gambar

Memasukkan gambar ke Keep? Itu hal biasa yang memang diketahui hampir sebagian besar pengguna Keep. Lantas, fitur apa yang membuat Keep memiliki keunggulan dari aplikasi lain?

Keep ternyata dapat mengekstraksi tulisan dari sebuah gambar. Nantinya, pengguna cukup mengunggah gambar, foto, atau screenshot ke Keep, tanpa perlu menulis ulang informasi di gambar tersebut.

Setelah memasukkan gambar yang dimaksud, pengguna cukup memilih 'Grab image text'. Setelah itu, Keep akan menjalankan algoritma pengenalan gambar dan secara otomatis akan menuliskan informasi tersebut di bagian bawah gambar.


5. Mengirimkan Tulisan ke Google Docs

Kendati sudah dibekali berbagai fitur yang sangat membantu, beberapa pekerjaan tulisan jelas membutuhkan kemampuan lebih dari sekadar Google Keep. Untuk itu, software pengolah tulisan seperti Google Docs menjadi jawabannya.

Namun, akan sangat merepotkan bila harus menyalin begitu banyak tulisan untuk kemudian memindahkannya ke Google Docs. Untungnya, Keep memiliki fitur menyalin tulisan langsung ke Google Docs.

Pengguna cukup memilih 'Copy to Google Doc' di bagian menu Keep. Opsi ini secara otomatis akan menyalin seluruh tulisan yang dimaksud, termasuk gambar, langsung ke Google Docs. Tulisan asli pun dipastikan masih tersimpan di Google Keep.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini