Sukses

Otto, Robot Asisten Serba Bisa Besutan Samsung

Liputan6.com, Jakarta - Era Internet of Things yang kian dekat ternyata tak disia-siakan oleh Samsung. Perusahaan asal Korea Selatan tersebut baru saja memperkenalkan robot pintar yang ditujukan untuk membantu aktivitas penggunanya.

Dilansir laman Engadget, Sabtu (30/4/2016), robot kecil bernama Otto ini memiliki kesamaan fungsi dengan Amazon Echo. Robot ini mampu menjawab pertanyaan yang diajukan oleh penggunanya, seperti 'bagaimana cuaca untuk hari ini?'

Selain itu, robot ini juga dapat dihubungkan dengan perangkat lain yang ada di dalam rumah seperti kulkas dan pengatur lampu. Kendati memiliki fungsi serupa dengan Amazon Echo, Otto ternyata memiliki fitur tambahan lain.

Robot mungil ini sudah dibekali dengan kamera HD untuk mengenali wajah manusia sekaligus berfungsi sebagai kamera keamanan. Selain itu, ada pula layar kecil untuk menampilkan variasi animasi berdasarkan aplikasi yang digunakan.

Sebagai contoh, apabila cuaca sedang hujan robot ini akan menampilkan animasi jatuhnya hujan. Robot ini juga mampu 'menyanyi' dan 'menari' dengan menggoyakan kepalanya.

Sayangnya, untuk saat ini Otto masih berupa produk purwarupa. Oleh karena itu, belum dapat dipastikan kapan robot ini akan dirilis untuk publik. Selain Otto, Samsung juga memperkenalkan platform Internet of Things besutannya yang diberi nama ARTIK.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.