Sukses

Begini Cara Advan Menghadang Produk Luar Negeri

Di tengah persaingan produk asal luar negeri, vendor Indonesia Advan sukses menduduki posisi ke-2 untuk penjualan tablet di Asia Pasifik.

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah persaingan produk asal luar negeri, vendor Indonesia Advan sukses menduduki posisi ke-2 untuk penjualan produk tabletnya di Asia Pasifik.

Berdasarkan data IDC yang dipaparkan Indonesia Technology Forum, di antara 19 negara APEC, tablet Advan berada di bawah Samsung dan di atas iPad pada kuartal pertama 2015.

Sementara di Indonesia, Advan menjadi brand tablet nomor 1 dan smartphone besutannya masuk ke jajaran paling laris urutan ke-5 dengan jumlah penjualan 2,8 juta unit.

Direktur Marketing Advan Tjandra Lianto mengatakan, kunci sukses Advan adalah meningkatkan inovasi, efisiensi, dan kenyamanan pengguna. Untuk itu, Tjandra berupaya meningkatkan relevansi produk di tengah kebutuhan konsumen yang begitu beragam. Beberapa strategi yang dijalankan Advan di antaranya menjual produknya dengan harga terjangkau.

"Harga handset yang terjangkau itu penting. Berdasarkan survei BPS (Badan Pusat Statistika), pendapatan per kapita Indonesia itu Rp 41 juta per tahun atau Rp 3,8 juta per bulan, sedangkan ponsel yang paling banyak digunakan orang Indonesia harganya antara Rp 1-3 juta," kata Tjandra saat ditemui di Kawasan SCBD, Jakarta, Kamis (28/4/2016).

Untuk itu, Advan sejauh ini menjual produk dengan harga yang terjangkau masyarakat Indonesia, tetapi memiliki ketahanan dan konektivitas yang baik.

"Kedua, Advan berusaha memberikan lini produk paling lengkap. Kami menghadirkan perangkat dari seri 2G, 3G, dan 4G semuanya ada, dengan distribusi channel yang lengkap," ujar Tjandra menambahkan.

Tidak hanya itu, agar konsumen makin nyaman, vendor yang memiliki pabrik di Semarang itu juga menyediakan layanan purnajual hingga area Indonesia Timur. Adapun dari sisi teknologi, Advan menyiapkan pabrik yang mendukung Tingkat Kandungan Dalam Negeri untuk ponsel 4G.

"Di Indonesia harus ada pabrik, kami jelas sudah mempunyai pabrik yang paling siap dengan kapasitas produksi 32 ribu perangkat per hari. Advan juga merekrut tenaga kompeten dengan uji produk yang selalu ditingkatkan," tutur Tjandra optimistis.

Yang paling penting, setiap menghadirkan produk baru, Advan selalu memasukkan cita rasa lokal di produk tersebut. Dengan demikian, semua perangkat Advan selalu bisa memenuhi kebutuhan masyarakat yang beragam.

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.