Sukses

1 Mei, Google Pajang Doodle May Day

Google ikut memperingati Hari Buruh Sedunia pada tanggal 1 Mei. Tahun 2016 ini, Google menghadirkan Google Doodle berjudul May Day.

Liputan6.com, Jakarta - Mesin pencari Google ikut memeriahkan perayaan Hari Buruh Sedunia alias May Day yang tahun ini diperingati Minggu (1/5/2016).

Google merayakannya dengan memasang Google Doodle Today berjudul Hari Buruh 2016.

Dalam doodle yang dipajang di halaman depan mesin pencari bermarkas di Mountain View itu, tampak pekerja proyek mengerjakan pekerjaannya mulai dari membetulan pipa air, mengelas beton, hingga menggotong perkakas.

Tiap tahun, hari buruh memang diperingati setiap 1 Mei. Tanggal ini dipilih sebagai hari perjuangan kelas pekerja dunia yang pada 1884, menuntut waktu kerja buruh adalah delapan jam sehari. Di Amerika Serikat, waktu kerja delapan jam sehari dikabulkan pada 1 Mei 1886.

Sementara itu, para pekerja di Indonesia mulai memperingati hari buruh pada 1 Mei 1920. Namun sejak masa pemerintahan Orde Baru, hari buruh tidak lagi diperingati di Tanah Air.

Sejak itu, 1 Mei bukan lagi hari libur untuk memperingati peranan buruh dalam masyarakat dan ekonomi. Pasalnya, hari buruh dihubungkan dengan gerakan komunis yang begitu ditabukan di negara ini.

Setelah masa Orde Baru berakhir, tanggal 1 Mei kembali menjadi hari libur dan dirayakan oleh buruh Indonesia dengan menggelar aksi demo besar-besaran.

Seperti hari ini, para buruh dari berbagai wilayah melakukan aksi di Ibu Kota dengan tujuan Istana Negara, Gedung MPR/DPR, Bundaran HI dan berbagai tempat lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini