Sukses

Menelisik Jejak Maniak K4sur, Si Peretas Situs KPAI

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengaku telah mengantongi nama pelaku dari peretasan laman miliknya, www.kpai.go.id.

"Kami sudah mengetahui nama hacker (peretas laman KPAI) yang diduga masih anak-anak. Pelakunya adalah hacker yang mengatasnamakan dirinya sebagai Maniak k4sur," kata Kepala Divisi Sosial KPAI Erlinda yang dihubungi Tekno Liputan6.com, Senin (2/5/2016).

Untuk diketahui, nama Maniak k4sur sendiri sudah tidak asing lagi di dunia hacker. Mereka kerap melakukan serangan ke sejumlah laman resmi pemerintahan dan perusahaan.

Sebelumnya, mereka telah meretas situs resmi Mahkamah Konstitusi pada Januari 2016. Kala itu Maniak k4sur men-deface atau mengubah tampilan laman Mahkamah Konstitusi dengan menuliskan pesan, ”Web love this country but we hate the goverment.”

Tahun lalu, salah satu situs yang berkaitan dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD), beralamat di Kesad.mil.id (milik divisi kesehatan Angkatan Darat), juga diretas Maniak k4sur. Mereka mengubah tampilan situs dengan foto wajah Mr. Bean.

Di bawahnya terdapat tulisan 'Hacked by Maniak k4sur'. Juga ditampilkan beberapa nama yang diduga merupakan kelompok hacker yang terlibat dalam aksi peretasan tersebut.

Tak hanya situs penting di Indonesia, Maniak k4sur juga sempat membobol sejumlah situs resmi kepolisian di Amerika Serikat. Beberapa di antaranya Fairfield Police Department di New Jersey dan Jasper County Police di Indiana.

Maniak k4sur menampilkan gambar animasi monyet yang sedang menari dan juga menuliskan "You have been hacked! Maniak k4sur was here! Greetz to all hackers. Indonesian hacker!!" Sementara di website Jasper County Police, mereka hanya menampilkan tulisan "0wn3d By Maniak K4sur.. :D".

(Isk/Ysl)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.