Sukses

WhatsApp Diblokir selama 72 Jam di Brasil, Kenapa?

Liputan6.com, Jakarta - Desember lalu, aplikasi perpesanan WhatsApp diblokir di Brasil selama 48 jam. WhatsApp saat itu dianggap gagal menyediakan informasi yang berkaitan dengan terduga pengedar narkoba di pengadilan.

Namun dalam 12 jam, salah seorang hakim mencabut larangan itu dan WhatsApp kembali tersedia untuk pengguna Brasil.

Sekarang WhatsApp kembali menghadapi masalah serupa. Kali ini menurut informasi yang dihimpun dari Phone Arena, Selasa (3/5/2016), pemblokiran berlangsung lebih lama dari sebelumnya, yaitu 72 jam. WhatsApp diperintahkan oleh pengadilan untuk menyerahkan percakapan terkait kasus narkoba di plaftorm besutannya.

Karena semua percakapan di WhatsApp dienkripsi, hakim mengeluarkan perintah pelarangan WhatsApp dengan meminta perusahaan telekomunikasi setempat untuk mencegah WhatsApp berfungsi. Perusahaan telekomunikasi Brasil senang dengan perintah ini.

Untuk diketahui, karena WhatsApp populer dan memiliki lebih dari 100 juta pengguna aktif di Brasil, aplikasi ini banyak digunakan untuk membuat panggilan telepon lokal pada handset mereka sebagai alternatif dari tarif panggilan telepon yang tinggi.

Bahkan, perusahaan telekomunikasi di Brasil mengatakan bahwa fitur VoIP (Voice over Internet Protocol) yang ditawarkan WhatsApp adalah ilegal di Brasil.

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini