Sukses

Tips Membersihkan Smartphone Dekil Karena Kotoran Membandel

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone merupakan salah satu gadget yang selalu kita gunakan di hampir setiap kesempatan. Maka tak mengherankan, bila smartphone Anda pasti tak bisa terbebas dari yang namanya kotoran. Entah itu kotoran yang berasal dari debu, keringat ataupun noda makanan. 

Tahukah Anda, selain kotoran, smartphone juga tak terlepas dari bakteri jahat? Mengutip laman How to Geek, Jumat (6/5/2016), dalam sejumlah pengujian, smartphone ternyata mengandung lebih banyak kuman daripada dudukan toilet.

Untuk mengatasi masalah tersebut, berikut ini cara tepat untuk membersihkan smartphone Anda dari kotoran membandel.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Siapkan alat pembersih

Siapkan alat pembersih


Sebelum melakukan proses pembersihan, siapkan terlebih dulu alat pembersih yang dibutuhkan. Beberapa di antaranya adalah kain microfiber yang biasa digunakan untuk membersihkan lensa kacamata.

Selain itu siapkan juga cotton buds untuk membersihkan sela-sela yang sulit dijangkau dan distilled water untuk membersihkan layar dan lensa kamera. Distilled water adalah air hasil sulingan yang tidak mengandung bahan kimia sehingga tidak meninggalkan noda.


Siapkan pula isopropyl alcohol untuk membersihkan tombol dan casing smartphone yang terbuat dari plastik. Pastikan Anda tidak menggunakan pembersih jendela, semprotan aerosol, pelarut, amonia, CLR atau abrasive karena dapat merusak permukaan bodi smartphone.

3 dari 6 halaman

Bersihkan bagian luar bodi

Bersihkan bagian luar bodi


Setelah semua peralatan pembersih tersedia, mulailah dengan mematikan smartphone Anda dengan menekan tombol power. Anda juga harus melepaskan pelindung layar atau aksesori smartphone yang melekat.

Hati-hati saat melepas pelindung layar karena berisiko menyebabkan goresan. Jangan lupa pula untuk mencopot baterai dari smartphone sebelum melakukan pembersihan.

Jika smartphone Anda mengusung keyboard qwerty, bersihkan dengan cutton buds yang telah dicelupkan ke alkohol. Jangan menggosoknya terlalu keras dan tidak dianjurkan untuk menyeka cairan alkohol ke dalam atau bawah keyboard.

Jika bodi smartphone Anda dilengkapi trim logam, gunakan cutton buds yang dibasahi dengan air (bukan alkohol).

4 dari 6 halaman

Bersihkan secara menyeluruh

Bersihkan secara menyeluruh


Setelah bagian luar terlihat bersih dan bebas dari noda membandel, gunakan cutton buds kering untuk membersihkan debu yang menempel di bawah penutup baterai.

Jika debu atau noda yang menempel sulit dibersihkan, basahi cutton buds dengan sedikit distilled water, lalu seka secara perlahan.

Setelah itu bersihkan permukaan lensa kamera dengan cutton buds yang telah dibasahi dengan air dan gosok secara perlahan dengan gerakan berputar. Setelah lensa bersih, segera keringkan dengan cutton buds sehingga air tidak mengering pada permukaan lensa.

5 dari 6 halaman

Bersihkan layar

Bersihkan layar


Selanjutnya bersihkan permukaan layar menggunakan kain microfiber. Jangan basuh kain microfiber dengan air karena dapat menimbulkan kelembapan.

Bersihkan layar dengan gerakan satu arah, dari lubang speaker ke arah mikrofon. Jangan gunakan gerakan melingkar karena dapat menyebabkan goresan yang juga melingkar.

Jika smartphone Anda terbuat dari material logam atau kaca, berarti smartphone Anda memiliki sifat oleophobic (secara harfiah berarti `takut minyak` yang berasal dari wajah atau tangan).

Jadi, pastikan jangan menggosoknya terlalu keras atau menggunakan alkohol karena tindakan itu dapat mempercepat proses keausan pada lapisan bodi smartphone.

6 dari 6 halaman

Bersihkan casing tambahan

Bersihkan casing tambahan


Jika smartphone Anda menggunakan cover atau casing tambahan dari plastik, bersihkan bagian dalam dan luarnya dengan menggunakan cutton buds yang dibasuhi alkohol. Biarkan casing mengering dengan sendirinya, sebelum melekatkannya kembali di smartphone.

Bila Anda menggunakan leather case, gunakan leather cleaner yang dirancang untuk membersihkan dan melembapkan kulit. Alat pembersih ini bisa dibeli di banyak toko aksesori otomotif dan online store. Leather cleaner bisa dipastikan dapat mengangkat kotoran yang membandel.

Selamat mencoba!

(Jek/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini