Sukses

Unik, Robot Ikan Ini Ternyata Buatan Mahasiswa

Robot bernama Sepios ini mengambil insipirasi dari desain sirip sotong untuk membantu pergerakannya.

Liputan6.com, Jakarta - Sekelompok mahasiswa asal Swiss telah mengembangkan sebuah robot yang dapat bergerak lihai di dalam air. Hal itu dimungkinkan sebab robot ini didesain dan dikembangkan serupa dengan salah satu hewan laut yakni sotong.

Dikutip dari Business Insider, Jumat (6/5/2016), sekelompok mahasiswa Swiss Federal Institute of Technology tersebut ingin membuat sebuah robot yang mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar. 

Untuk itu, para mahasiswa memakai desain sirip yang dibuat mirip dengan sotong. Tak hanya bentuk, pergerakan sirip tersebut pun dibuat serupa hewan yang sering disalahartikan sebagai cumi-cumi itu.

Sirip simetris itu memungkinkan Sepios untuk bergerak ke segala arah. Hal itu menjadikan Selios mampu bergerak layaknya hewan laut pada umumnya. 

Rencananya Sepios digunakan untuk mendukung kegiatan fotografi bawah laut dan pengamatan biota laut. Para mahasiswa juga mendesain robot ini agar dapat menyelam hingga kedalaman 9 meter.

Sepios diklaim lebih ramah lingkungan ketimbang robot serupa lainnya. Bahkan, Sepios dipastikan tak akan mengeluarkan suara berisik dan mengganggu kehidupan laut lain seperti rumput laut, jika dibandingkan robot yang menggunakan baling-baling.

Penasaran dengan tingkah laku Sepios di lautan? Simak video berikut ini.



(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.