Sukses

India Tolak Mentah-mentah Rencana Apple Jual iPhone Bekas

Apakah rencana menjual iPhone bekas tersebut merupakan salah satu strategi Apple untuk mendongkrak penjualan iPhone di India?

Liputan6.com, New Delhi - Apple memang harus menerima kenyataan pahit bahwa produk iPhone-nya tidak mendulang popularitas di India.

Perusahaan yang kini digawangi Tim Cook tersebut tentu tak mau tinggal diam. Mereka berupaya ingin mendorong penjualan iPhone di India salah satunya adalah dengan menjual iPhone bekas. Lantas, apakah rencana itu bisa direalisasikan?

Seperti dilansir Engadget dari Bloomberg, Minggu (8/5/2016), rencana Apple ingin menjual iPhone refurbished di India rupanya ditolak mentah-mentah oleh Kementrian Telekomunikasi India.

Diungkap, jika rencana tersebut akan terus dilanjutkan, Apple akan menghadapi penolakan besar-besaran dari perusahaan manufaktur lokal yang juga dapat merusak rencana Kementrian Telekomuniaksi India untuk meningkatkan tingkat kandungan lokal perangkat mereka.

Seperti diketahui, brand awareness masyarakat terhadap Apple di India hanya menyentuh angka di bawah 60 persen.

Faktanya, Samsung menduduki peringkat teratas sebagai brand terpopuler di India. Popularitas perusahaan asal Korea Selatan itu diikuti oleh Micromax, Sony, Microsoft, dan Lava.

Laju bisnis Apple di India sendiri sebetulnya tidak buruk. Meski penjualan globalnya dilaporkan menurun drastis selama waktu 13 tahun terakhir, Apple buktinya bisa menjual iPhone-nya sebanyak 56 persen di India pada kuartal lalu.

Para analis memandang, rencana Apple menjual iPhone bekas seharusnya tak perlu diwujudkan. Bak dua mata pisau, selain menuai kontra dari pihak lokal di India, hal tersebut tentu akan memberikan efek negatif pada citra perusahaan Apple di global.

(Jek/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.