Sukses

Mengemudi Mobil dengan Ponsel

Para ilmuhan Universitas Berlin, Jerman, baru-baru ini, menambah fungsi telepon seluler untuk mengemudi kendaraan.

Liputan6.com, Berlin: Seiring perkembangan teknologi, telepon seluler kini tak hanya berfungsi sebagai telepon atau kirim pesan singkat (SMS), melainkan bisa juga digunakan berselancar di dunia maya dan menonton televisi. Namun, ada satu lagi fungsi telepon yang mungkin baru ada di Jerman.

Para ilmuwan Universitas Berlin, Jerman, baru-baru ini, menambah fungsi ponsel untuk mengemudi kendaraan. Bagaimana cara kerjanya? Gerakkan jari Anda pada tiga tombol utama, yaitu setir untuk mengendalikan arah mobil, rem buat berhenti serta mengurangi kecepatan, dan gas untuk menambah kecepatan.

Sinyal dari ponsel akan terkirim dan ditangkap sensor komputer yang berada di dalam mobil. Komputer akan mengolah perintah yang masuk dan mewujudkannya dalam bentuk gerakan. Guna menghindari kecelakaans sensor pemindai khusus juga terpasang pada mobil sehingga mampu mendeteksi benda-benda yang berada di dekatnya, seperti pejalan kaki dan kendaraan lainnya. Meski masih memerlukan pengembangan di sana-sini, mobil canggih ini akan dilepas ke pasaran segera setelah proses memperoleh izin hukum dari pemerintah Jerman selesai. Selengkapnya simak video berita ini.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.