Sukses

Ini Waktu Terbaik untuk Lihat Puncak Hujan Komet Halley

NASA mengungkap waktu yang pas untuk menyaksikan puncak hujan komet Halley berkisar dari tanggal 5 hingga 7 Mei 2016.

Liputan6.com, Jakarta - Tahukah Anda bahwa Bumi kini berada dalam periode hujan meteor yang disebabkan oleh komet Halley? Ya, seperti diketahui, mulai 20 April 2016 lalu NASA mengungkap bahwa komet Halley akan melewati Bumi dan menabrak atmosfer.

Setelahnya, komet tersebut akan terbakar dan menciptakan puing-puing yang berterbangan. Puing itu disebut sebagai Eta Aquarids, karena muncul dari konstelasi Aquarius.

Menurut yang dilansir Science Alert, Jumat (6/5/2016), Eta Aquarids tentu bisa dilihat dari Bumi sampai periode waktu yang telah ditentukan, yaitu 21 Mei 2016 mendatang.

Sementara, NASA mengatakan bahwa waktu terbaik untuk melihat fenomena langka ini berkisar dari tanggal 5 hingga 7 Mei 2016 saat langit Bumi sedang gelap.

Eta Aquarids sebetulnya akan lebih tampak terang di belahan Bumi bagian selatan. Akan tetapi jangan khawatir, orang-orang di belahan Bumi lain, khususnya bagi kita yang tinggal di dekat garis Khatulistiwa juga tetap bisa menikmati pemandangan Eta Aquarids memecah keheningan langit.

Pada puncaknya nanti, orang-orang di belahan Bumi bagian selatan akan bisa melihat 30 meteor yang melewati langit setiap jam. Sementara, kalau kondisi cuaca sedang baik, orang-orang yang berada di wilayah utara Khatulistiwa bisa melihat setidaknya 10 meteor setiap jam.

Disarankan, jika Anda ingin melihat hujan meteor tersebut, Anda harus pergi ke luar setengah jam sebelum peristiwa berlangsung. Hal ini harus dilakukan agar mata Anda terbiasa melihat cahaya rendah dan akan lebih jelas melihat hujan meteor di langit.

(Jek/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.