Sukses

Pakai VR Headset 25 Jam Nonstop, Pria Ini Langsung Mabuk

Seorang sutradara film indie nekat menggunakan VR Headset HTC Vive selama 25 jam nonstop! Bagaimana reaksinya?

Liputan6.com, California - Masih banyak orang yang ternyata belum bisa menggunakan perangkat Virtual Reality (VR) dalam kurun waktu yang cukup lama. Kala Tekno Liputan6.com mejajal headset VR Samsung Gear VR beberapa waktu lalu, kami hanya mampu bertahan menggunakannya dalam waktu paling lama sekitar 15 menit.

Ini wajar, mengingat mata manusia belum terbiasa melihat lingkup VR di dalam sebuah perangkat. Karenanya, jika terlalu lama menggunakan perangkat VR, pasti akan merasa pusing dan mual.

Hal tersebut sepertinya tidak terjadi pada pria yang satu ini. Seorang sutaradara film indie, Derek Westerman, berhasil memecahkan rekor dengan memakai headset VR HTC Vive selama hampir sehari--dalam waktu 25 jam!

Seperti dilansir Mashable pada Jumat (6/5/2016), Westerman dan timnya menggunakan ruang tamu di sebuah apartemen yang berlokasi di Los Angeles.

Dengan mengenakan jas dan dasi, ia menggunakan headset VR besutan HTC tersebut untuk bermain gim RPG (Role Playing Game).

Selain bermain gim, Westerman juga mencoba melukis lewat VR dalam beberapa jam pertamanya ia mengenakan HTC Vive. Dengan menggunakan Tilt Brush, aplikasi gambar VR, ia melambaikan tanggannya seolah sedangf melakukan gerakan melukis.

Sayangnya, ketika Westerman sudah menggunakan headset VR selama 17 jam, barulah ia mulai menunjukkan keanehan. "Di situ saya mulai vertigo, mual. Saya langsung muntah! Asisten saya membantu saya membawakan ember dan saya tetap memaksa menggunakan headset VR itu," ia menuturkan.

Menjelang 24 jam, Westerman mulai lunglai. Ia mulai tergopoh-gopoh dan duduk di sebuah sofa. Ia pun tampak menyerah dan ingin segera melepaskan headset VR-nya. "Saya tidak tahu sekarang saya ada di mana," katanya sambil tertawa.

Setelah menjajal HTC Vive selama 25 jam, Westerman langsung dibantu berjalan dan beristirahat di tempat tidur. Meski kondisinya pusing dan mual, ia mengatakan hidup seharian di VR merupakan pengalaman paling gila yang pernah ia rasakan.

Rekor tersebut juga telah masuk ke Guinness Record pada April 2016 lalu. Poin penting yang bisa diambil dari peristiwa Westerman adalah, headset VR tentu bukan perangkat yang bisa digunakan dalam kurun waktu berjam-jam.

"Ini bukan cara yang sehat untuk Anda menghabiskan waktu luang, tidak peduli bagaimana menariknya tampilan virtual yang saya lihat, tetapi jangan gunakan seharian seperti saya!" celetuk Westerman.

(Jek/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.