Sukses

Kolaborasi Jaringan, XL-Indosat Bentuk Perusahaan Patungan

XL dan Indosat membentuk perusahaan patungan (Joint Venture/JV) untuk mengembangkan jaringan bersama di masa mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka mengembangkan jaringan telekomunikasi bersama, PT XL Axiata Tbk (XL) dan PT Indosat Tbk (Indosat Ooredoo) resmi membentuk perusahaan patungan (joint venture/JV). 

Diungkap dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (10/5/2016), perusahaan di bidang jasa konsultasi jaringan ini dibentuk dengan nama PT One Indonesia  Synergy.

Di perusahaan tersebut, baik XL maupun Indosat memiliki saham sebesar 50 persen, atau masing-masing memiliki 1.251 lembar saham.

Kepada tim Tekno Liputan6.com, Dian Siswarini, Presiden Direktur XL Axiata, mengatakan perusahaan patungan ini dibentuk untuk mengeksplorasi setiap pengembangan jaringan di masa mendatang. 

"Fokus perencanaan bersama kami adalah mengeksplorasi setiap inisiatif kerja sama jaringan yang layak di masa mendatang, termasuk namun tidak terbatas pada (jaringan) 4G," ungkap Dian.

Ketika disinggung mengenai pengembangan jaringan di luar 4G, ia mengatakan kemungkinan lain bisa saja dilakukan. "Sekarang masih dalam tahap assesment, nanti bisa saja termasuk 2G dan 3G," katanya.

Sebagai informasi, modal dasar pembentukan anak usaha ini sebesar Rp 10 miliar, modal ditempatkan Rp 2,5 miliar , dan modal disetor Rp 2,5 miliar. Adapun sumber pendanaan seluruhnya berasal dari kas internal XL dan Indosat.

(Cas/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.