Sukses

Jelang Ramadan, XL Kebut Tambah Kapasitas Jaringan di Jalur Mudik

XL memilih Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sebagai lokasi uji jaringan XL, menjelang Ramadan dan Lebaran 2016.

Liputan6.com, Yogyakarta - Pada tahun ini, PT XL Axiata Tbk (XL) memilih Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sebagai lokasi uji jaringan XL, menjelang Ramadan dan Lebaran 2016.

Menurut VP Service Operation Management XL Axiata, I Gede Darmayusa, lokasi ini dipilih karena Yogyakarta merupakan salah satu kota di region central yang menjadi tujuan utama pemudik saat Lebaran.

"Selain itu, Yogyakarta menyumbang pertumbuhan layanan data paling tinggi," ujar I Gede, ditemui tim Tekno Liputan6.com, Rabu (11/5/2016) di Yogyakarta.

Sekadar diketahui, uji jaringan ini merupakan salah satu kegiatan tahunan untuk mengantisipasi kenaikan trafik layanan seluler menjelang Ramadan dan Lebaran.

Lebih lanjut, I Gede menjelaskan bahwa uji jaringan ini mencakup layanan 2G, 3G, dan 4G. Beberapa titik disiapkan untuk mengantisipasi kenaikan trafik saat mudik.

Uji jaringan XL di Yogyakarta diawali dengan mengunjungi site BTS di HUT Pathuk. Tim Tekno Liputan6.com sempat melakukan speed test dengan aplikasi Ookla. 
Uji jaringan XL di Yogyakarta menggunakan aplikasi Ookla. (Liputan6.com/Corry Anestia)
"Kami tidak menghitung jumlah lokasi yang akan dilakukan uji jaringan ini. Namun, sejauh ini kami sudah melakukan speed test di 68 lokasi," ujarnya.

Saat ini, total BTS 2G XL di Yogyakarta sebanyak 636 unit, 400 BTS 3G, dan 215 BTS 4G. Total pelanggannya di sana mencapai 1,4 juta pengguna.

Jalur Mudik

Pada kesempatan yang sama, Direktur/Chief Service Management XL Axiata, Yessie D Yosetya mengatakan bahwa terdapat 28 jalur mudik secara nasional.

Dari jalur tersebut, kata Yessie, pihak XL akan mengantisipasi pertumbuhan trafik dengan memperkuat ketersediaan atau kapasitas jaringan.

"Pada Lebaran tahun ini, trafik layanan data diprediksi naik 30-40 persen, sedangkan layanan voice dan SMS diestimasi naik 5-15 persen," pungkasnya. 

(Cas/Isk )

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini