Sukses

Bukalapak Gandeng FIM Wadahi Ide-ide Kreatif Anak Muda

Bukalapak bekerja sama dengan Forum Indonesia Muda (FIM) mengadakan seminar dengan nama Bukalapak Forum Indonesia Muda.

Liputan6.com, Jakarta - Bukalapak sebagai salah satu pelaku e-Commerce di Indonesia bekerja sama dengan Forum Indonesia Muda (FIM) mengadakan seminar dengan nama Bukalapak Forum Indonesia Muda.

Seminar dengan tema Koneksi Selaras Aksi ini diadakan untuk meningkatkan pemimpin masa depan Indonesia, khususnya di bidang ekonomi digital.

Seminar ini dibuka oleh Haswan Yunaz, Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) serta beberapa pembicara terkemuka.

Adapun pembicara dalam seminar ini adalah Ricky Pesik (Wakil Ketua Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia), Mochammad Ridwan Kamil (Walikota Bandung), Willix Halim (SVP GrowthFreelance.com), Fajrin Rasyid (Co-Founder & CFO Bukalapak), Ainun Nadjib (Inisiator kawalpemilu.org), Irzan Raditya (Founder YesBoss), Barry Likumahwa (Bassis), dan Achmad Zaky (Founder dan CEO Bukalapak).

"Bukalapak ingin mewadahi ide-ide kreatif dari anak muda lewat acara ini. Karena ke depannya Bukalapak tak ingin menjadi sekadar company saja," ujar Achmad Zaky, Founder dan CEO Bukalapak, saat ditemui di sela-sela acara Forum Indonesia Muda di Jakarta, Senin (16/5/2016).

Ia mengatakan, Bukalapak membawa misi untuk menyebarkan karakter-karakter bagus yang disebut entrepreneurial spirit. Menurutnya, hal itu tak hanya ditujukan untuk pelaku UKM, tapi juga pada generasi muda.

Senada dengan Zaky, Ricky Pesik yang mewakili Badan Ekonomi Kreatif menuturkan pihaknya sangat mendukung acara seperti ini. Menurutnya, Bekraf ingin karya kreatif tak sekadar jadi penggembira di bidang e-Commerce.

"Karya kreatif seharusnya dapat beralih dari sekadar komoditi menjadi sebuah merek yang dikenal. Hal itu menjadi perhatian penting Bekraf agar menjadi karya kreatif Indonesia dapat dikenal secara internasional," ujar Ricky. 

Ridwan Kamil yang juga menjadi pembicara dalam acara ini mengatakan, kunci dari perubahan adalah keberanian. Untuk itu, anak-anak muda yang dikenal dengan ide-ide brilian harus diasah untuk membuat Indonesia menjadi salah satu negara dengan potensi anak muda kreatif di dunia.

Forum Indonesia Muda (FIM) sendiri merupakan forum independen anak muda Indonesia yang didirikan pada 13 Juni 2013 dan telah memiliki lebih dari 26 regional dan lima sayap gerakan FIM di seluruh Indonesia. Salah satu alumnus FIM adalah Zaky yang masuk dalam angkatan ketujuh.

Ivan Ahda, Direktur Eksekutif Forum Indonesia Muda, mengatakan memberi perhatian pada pemuda merupakan investasi kemajuan bangsa.

"Sebagai rumah bersama pemuda Indonesia, FIM mengoneksikan pemuda Indonesia dari berbagai penjuru, untuk berkolaborasi bersama, demi kontribusi bagi bangsa Indonesia," ujar Ivan.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini