Sukses

Robot Ini Bisa Dikunyah Layaknya Permen Karet

Hanya dengan mengunyah dan menelan, robot daging ini berfungsi bisa membawa objek keluar dari dalam perut manusia!

Liputan6.com, Massachusetts - Sekelompok ilmuwan di Massachusetts Institute of Technology (MIT) menciptakan sebuah robot dengan konsep yang sangat aneh, yaitu berbentuk daging.

Meski sekilas terdengar 'horor', fungsi robot yang bisa digenggam telapak tangan ini konon bisa membawa objek yang terlanjur tertelan di dalam perut.

Seperti dilansir Ars Technica, Senin (16/5/2016), robot yang juga bisa melipat dirinya sendiri tersebut memang dirancang untuk menambal luka di dalam perut, membantu proses penyaluran obat hingga ‘membawa keluar’ objek kecil berbahaya yang terlanjur ditelan.

Para ilmuwan ini juga telah menguji bagaimana robot daging tersebut bekerja. Hanya dengan dikunyah seperti permen karet dan menelannya, robot tersebut akan masuk ke dalam perut manusia dan ‘bekerja’ dengan menggunakan magnet.

Pada sebuah video demonstrasi, para ilmuwan memamerkan kebolehan robot ini membawa keluar baterai kecil yang berada di dalam perut manusia.

"Sangat menarik bagaimana melihat robot kecil ini mengerjakan beberapa tugas penting yang dapat berdampak besar ke perkembangan teknologi kesehatan," kata Daniela Rus, pimpinan proyek dan direktur laboratorium ilmu komputer dan kecerdasan buatan MIT.

Robot tersebut, sebagaimana diungkap Rus, terbuat dari dua lapisan material Biolefin biodegradable dan usus babi yang dikeringkan. Cara kerja robot tersebut bisa melipat diri adalah ketika lapisan Biolefin memanas kala memasuki leher dan terbawa ke dalam perut.

Agar dapat membuktikan cara kerja robot ini bisa berhasil, para ilmuwan mencoba memasukkan robot tersebut ke dalam replika perut dan mencoba meletakkannya di cairan air lemon agar dapat menyerupai seperti cairan asam lambung. Terbukti, robot mungil ini mampu melipat diri dan membawa objek baterai keluar dari isi perut.

(Jek/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.