Sukses

Kini Aplikasi Telegram Bisa Edit Pesan Terkirim, Caranya?

Liputan6.com, Jakarta - Seringkali ketika mengetik pesan singkat di smartphone kita mengalami typo alias salah ketik kepada lawan bicara. Pengirim pesan pun berharap bisa mengubah isi pesannya.

Kini, aplikasi olah pesan asal Rusia, Telegram menghadirkan fitur edit pesan yang telah dikirim.

Seperti dilaporkan Venture Beat, Selasa (17/5/2016), telah merilis pembaruan aplikasi. Kini, penggunanya bisa mengubah isi pesan meski pesan tersebut sudah dikirim.

Dikatakan, fitur ini bisa bekerja untuk seluruh jenis chat, baik itu grup chat maupun obrolan antarindividu. Bagaimana caranya?

Pertama buka kontak teman yang hendak Anda kirimi pesan. Setelah itu ketik pesan yang hendak Anda kirimkan dan pilih tanda kirim yang berbentuk segitiga di samping kanan ruang pengetikan.

Kemudian, setelah terkirim dan Anda ingin mengubah isi pesan, ketuk dan tahan pada pesan yang akan diubah. Selanjutnya akan muncul pilihan balas, copy, forward, edit dan hapus yang menunjukkan perintah untuk menanggapi pesan.

Cara mengedit pesan yang sudah dikirimkan di aplikasi Telegram (Sumber: Screenshoot).

Untuk mengubah, pilih edit. Lalu tuliskan di ruang pengetikan pesan baru yang Anda kirim. Kemudian kirim kembali pesan ke penerima.

Nantinya, pesan yang sudah diubah akan diberi catatan 'edited' artinya pesan yang dikirimkan sudah diubah oleh pengirim pesan. Cukup mudah bukan?

1 dari 2 halaman

Mention Teman di Group Chat

Tidak hanya itu, dengan pembaruan fitur dari Telegram, pengguna juga bisa me-mention seorang teman yang ada pada group chat. Hal ini memungkinkan pesan kita terbaca tepat oleh orang yang di-mention.

Bagaimana caranya?

Pertama, buka pesan group chat kemudian mention orang yang hendak kita kirimi pesan dengan memberi tanda @ lalu ketikkan nama teman yang ingin dituju.

Fitur mention pada group chat di aplikasi Telegram (Sumber: Screenshoot).
Secara otomatis, pada pesan yang dikirimkan akan muncul nama teman yang sudah di-mention.

Sebelumnya, BlackBerry Message (BBM) juga telah memiliki fitur seperti ini. Sementara aplikasi olah pesan lain seperti WhatsApp, Facebook Messenger, dan WeChat belum memungkinkan pengguna untuk mengubah pesan yang dikirimkan. 

(Tin/Cas)

Artikel Selanjutnya
Rencana Pembunuhan Ahok Terendus Lewat Telegram
Artikel Selanjutnya
Wanita Ini Tertangkap Selundupkan 102 iPhone di Badan