Sukses

Fitbit Kuasai Pasar Wearable Device di Dunia

Kendati pangsa pasarnya menurun, Fitbit berhasil bercokol di perangkat pertama penjualan wearable device di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Pasar wearable device yang tengah berkembang makin sesak oleh banyaknya perusahaan teknologi besar yang ikut serta. Kendati demikian, nama besar belum tentu berbanding lurus dengan capaian penjualan wearable device di pasaran.

Dikutip dari laman Venture Beat, Selasa (17/5/2016), pasar wearabledevice ternyata didominasi oleh pemain kecil seperti Fitbit dan Xiaomi.

Berdasarkan laporan terbaru kuartal pertama tahun ini Fitbit berhasil bertengger di puncak daftar perusahaan pembesut wearable device terbesar di dunia.

Perusahaan itu berhasil mengapalkan wearable device dengan jumlah 4,8 juta unit dari total penjualan sebesar 19,7 unit di kuartal pertama tahun ini. Jumlah itu naik dari tahun sebelumnya yang hanya mengapalkan 3,8 juta unit pada periode yang sama.

Kendati demikian, pangsa pasar Fitbit sebenarnya mengalami penurunan. Perusahaan tersebut hanya berhasil menjangkau pangsa pasar sekitar 24,5 persen, turun dari tahun sebelumnya yang mencapai 32,6 persen.

Kondisi sama juga terjadi pada Xiaomi. Perusahaan asal Tiongkok tersebut kehilangan sekitar 3,4 persen pangsa pasar dari yang sebelumnya 22,4 persen di tahun lalu.

Namun, perusahaan rintisan itu berhasil mengapalkan 1,1 juta unit yang membuatnya berada di urutan kedua mengungguli Apple.

Di urutan ketiga adalah Apple dengan Apple Watch. Sebenarnya, penjualan Apple Watch secara keseluruhan tidak buruk. Perusahaan asal Cupertino itu berhasil bercokol di urutan pertama sepanjang kuartal kedua sampai keempat tahun lalu.

Ramon Llamas dari IDC menuturkan bahwa laporan ini membawa kabar baik dengan menunjukkan ternyata pasar wearable device terus berkembang dan semakin dewasa. 

Menurutnya, saat ini pasar wearable device memang baru dimulai. Namun, seiring perkembangan waktu perangkat ini diharapkan akan semakin relevan.

(Dam/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini