Sukses

Kunjungi India, Bos Apple Siapkan ‘Misi’ Besar

Apa misi besar CEO Apple Tim Cook untuk bisnis Apple di India?

Liputan6.com, New Delhi - CEO Apple Tim Cook sepertinya tahu betul caranya menikmati liburan sambil bekerja. Belum lama ini, Cook menyambangi Tiongkok di mana ia diketahui telah berinvestasi sebanyak Rp 13 triliun ke layanan ride hailing rival Uber, yaitu Didi Chuxing.

Kini, orang nomor satu di Apple tersebut telah menyambangi India. Kabarnya, Tim Cook akan bertemu dengan Perdana Menteri Narendra Modi.

Ini bukan pertama kalinya Cook bertatap muka dengan Modi. Tahun lalu, Modi sempat mengunjungi Silicon Valley dan bertemu dengan beberapa pimpinan perusahaan teknologi, termasuk Cook.

Menurut informasi yang dilansir Phone Arena, Rabu (18/5/2016), kali ini keduanya membahas sebuah ‘misi’ besar Apple di mana akan menghadirkan program khusus bertajuk “Made in India”, sebuah program inisiatif untuk memotivasi perusahaan lokal dan global memproduksi produk mereka di India.

Cook dilaporkan akan mengunjungi beberapa kota besar di India dan menyampaikan rencana Apple untuk melebarkan bisnisnya di Tanah Hindustan.



Di sela-sela kegiatannya nanti, Cook juga akan mengumumkan program startup accelerator, dan juga pembukaan tiga Apple Store resmi dalam waktu dekat. Tak hanya itu, ia juga menawarkan lowongan kerja Maps Engineers dan Sales Consultants bagi masyarakat India.

Namun pada kenyataanya, kiprah bisnis Apple di India tidak terlalu mulus. Setengah dari populasi warga India bahkan tidak tahu tentang produk Apple, khususnya iPhone.

Merujuk pada riset Morgan Stanley, terungkap kesadaran masyarakat India akan brand Apple masih sangat lemah. Diduga, faktor distribusi dan strategi pemasaran merupakan penyebab utama hal itu.

"Hampir setengah dari responden yang kami survei tidak tahu apa itu iPhone, iPad, dan bahkan Apple," kata Kate Huberty, Managing Director Morgan Stanley.

(Jek/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini