Sukses

Apple Gaet Samsung Pasok Layar AMOLED untuk iPhone?

Apple dilaporkan berencana beralih dari layar LCD ke AMOLED untuk smartphone terbarunya.

Liputan6.com, Jakarta - iPhone kembali menjadi topik pemberitaan. Berbagai hal mengenai smartphone Apple itu kerap menarik perhatian, termasuk soal layar.

Apple dilaporkan berencana beralih dari layar LCD ke AMOLED untuk smartphone terbarunya. Perusahaan akan memulainya dengan seri iPhone Plus.

Menurut catatan GSM Arena, Sabtu (21/5/2016), Apple kemungkinan bekerjasama dengan Samsung dan LG untuk memasok layar AMOLED. Samsung yang sudah mature soal AMOLED, diprediksi akan menyuplai 60 persen layar yang dibutuhkan oleh Apple. 

LG akan berkontribusi sebesar 30 persen, sedangkan sisanya 10 persen akan diproduksi oleh pemasok lain yaitu JDI dan Foxconn.

Adapun Samsung, dilaporkan menggelontorkan investasi berkisar antara U$ 6,64 miliar dan US$ 7,47 miliar, guna meningkatkan kapasitas produksi menjadi 45 ribu unit per bulan. Hal ini bertujuan dapat memenuhi pesanan 100 juta layar untuk Apple pada tahun depan.

Menurut Chief Analyst UBI Research, adopsi layar AMOLED oleh Apple diprediksi lampaui Samsung pada 2021. Namun dengan catatan, perusahaan tetap menggunakan strategi meluncurkan 2 sampai 3 model perangkat setiap tahun.

(Din/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.