Sukses

iJakarta, Tak Sekadar Aplikasi Perpustakaan Digital

Aplikasi iJakarta menghadirkan beragam fitur menarik bagi Anda yang gemar membaca.

Liputan6.com, Jakarta - Tak dimungkiri, perkembangan teknologi saat ini berhasil mengubah cara hidup masyarakat, dari yang sebelumnya analog menjadi digital. Perubahan itu juga berdampak pada kebiasaan orang saat sedang membaca.

Kehadiran beragam e-Book atau buku elektronik memudahkan orang untuk tetap bisa membaca tanpa perlu membawa buku dan salah satu yang menawarkan kemudahan itu adalah aplikasi iJakarta, yang disebut sebagai Jakarta Digital Libraries.

Aplikasi yang hadir lintas platform seperti iOS, Android, dan PC ini memungkinkan pengguna membaca buku kapan pun dan di mana pun.

Tak sekadar membaca, aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya menjaring dan bersosialisasi dengan pengguna lain.

"Baca buku, berbagi koleksi bacaan dan bersosialisasi secara bersamaan. Di mana pun, kapan pun dengan nyaman bersama setiap orang," demikian bunyi keterangan di laman resmi iJakarta.

Penggunaan aplikasi ini juga cukup mudah. Calon pengguna cukup mendaftar melalui akun Facebook atau email yang sudah dimilikinya. Setelah itu, pengguna dapat langsung merasakan beragam fitur yang tersedia di aplikasi ini.

Salah satu fitur unggulan dari aplikasi ini adalah ePustaka. Fitur ini memungkinkan pengguna mencari berbagai judul dari beberapa penerbit atau instansi yang sudah bekerja sama.

Selain itu, pengguna juga dapat meminjam buku secara digital langsung dari aplikasi. iJakarta juga dilengkapi fitur eReader yang memudahkan pengguna membaca langsung di aplikasi.

Fitur eReader ini sudah disematkan informasi TOC (Table of Content), Change Font Style, Change Font Type, Line Spasing, Change Theme, Bookmark, dan Search. 

Pengguna juga dapat menjalin komunikasi dengan pembaca lain termasuk menyarankan judul-judul buku menarik.

Untuk diketahui, iJakarta merupakan bagian dari gerakan Baca Buku Bareng yang diluncurkan bersamaan dengan Hari Buku Nasional. Gerakan ini adalah program bersama yang diusung Badan Perpustakan dan Arsip Daerah (BPAD) DKI Jakata, Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Jakarta Smart City, Perpustakaan Nasional RI, dan Yayasan Nusa Membaca.

Anda yang tertarik mencoba aplikasi ini dapat langsung mengunduhnya di toko aplikasi tanpaperlu mengeluarkan uang sepeser pun karena aplikasi ini hadir secara cuma-cuma.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini