Sukses

Google Assistant, Asisten Pintar Responsif yang 'Doyan' Ngobrol

Liputan6.com, Mountain View - Google I/O 2016 akhirnya resmi digelar hari ini (19/5/2016) di kantor pusat Google yang berlokasi di Mountain View, California, Amerika Serikat.

CEO Google Sundar Pichai membuka acara tahunan tersebut dan mengisi sesi keynote untuk menyampaikan apa saja update yang dihadirkan Google di tahun ini.

Pichai membuka sesi keynote dengan memperkenalkan asisten virtual teranyar Google yang diberi nama Google Assistant. Jika Anda sering menggunakan layanan virtual Google Now, Google Assistant memiliki fungsi serupa.

Lantas, apa bedanya? Berdasarkan informasi resmi yang Tekno Liputan6.com terima dari Google Indonesia, Google Assistant adalah pembaruan layanan virtual Google Now, yang menghadirkan user experience lebih baik dan responsif dalam melakukan percakapan dengan asisten virtual.

Pichai mengatakan, Google Assistant merupakan sebuah 'pembaruan' alami dari Google Now yang mendukung percakapan dua arah dan menyediakan pencarian lebih akurat.

"Google Assistant merupakan asisten virtual yang dirancang begitu conversational, yang benar-benar bisa merespons dialog dengan baik antara penggunanya dengan Google. Ia juga dapat membantu menyelesaikan berbagai hal dalam kehidupan sehari-hari,” tutur Pichai.

Pichai menekankan makna 'conversational' karena Google Assistant diklaim paham betul apa yang ditanyakan penggunanya.

Contoh, ketika pengguna bertanya ke Google Assistant 'siapa yang menjadi sutradara film The Revenant?', Google Assistant akan menjawab siapa sutradaranya. Nah, di saat yang bersamaan, akan muncul pertanyaan komplemen seperti 'film apa saja yang sutradara itu buat selain The Revenant?', atau 'kapan film tersebut dirilis?'.


Kecerdasan Google Assistant tak sampai di situ. Pichai melanjutkan, Google Assistant juga dapat merespons konteks dari permintaan penggunanya.

Pengguna bisa saja mengatakan 'saya ingin mengajak anak-anak saya' saat meminta Google Assistant menayangkan film apa saja yang sedang tayang di bioskop. Pada saat yang bersamaan, Google Assistant akan menghadirkan kumpulan film anak-anak yang sedang tayang.

Google Assistant akan hadir di semua layanan Google yang Anda gunakan, seperti Gmail, Google Calendar, hingga layanan pesan instan terbaru Google, Allo dan Duo.

Untuk melengkapi pengalaman menggunakan Google Assistant, Google juga menawarkan perangkat Google Home speaker agar pengguna bisa memberikan instruksi lebih praktis di rumah.


Dengan voice command sederhana, pengguna bisa meminta Google Assistant via Google Home untuk menyalakan musik, mengatur timer untuk oven, mengecek jadwal penerbangan, sampai mematikan lampu rumah.

(Jek/Why)