Sukses

Daydream, Pembuktian Nyata Google di Dunia Virtual Reality

Liputan6.com, Mountain View - Google akhirnya membuktikan komitmennya untuk menggeluti bisnis di bidang teknologi Virtual Reality (VR).

Pada gelaran Google I/O yang diadakan hari ini, Kamis (19/5/2016) lalu, perusahaan yang berbasis di Mountain View, California tersebut memperkenalkan Daydream, sebuah platform VR yang dirancang khusus untuk sistem operasi Android N.

Daydream sendiri bisa dibilang menjadi penerus dari Cardboard, yaitu VR Headset dengan jarga terjangkau yang dirilis Google dua tahun yang lalu.

Sebagaimana disampaikan pihak Google Indonesia kepada Tekno Liputan6.com, Daydream merupakan sebuah sistem VR yang disokong oleh perangkat Android N yang dirancang oleh standar perusahaan.

Lalu, apa bedanya Daydream dengan Google Cardboard? Jika Google Cardboard bisa digunakan dengan banyak perangkat smartphone, Daydream justru hanya bisa digunakan secara eksklusif untuk perangkat Android N karena memiliki komponen khusus seperti layar dan sensor.

Google belum membeberkan apakah Daydream akan menghadirkan opsi tampilan Augmented Reality (AR). Namun komponen yang dirancang untuk platform VR ini dipercaya mampu menghasilkan kualitas tampilan VR yang lebih halus dan memberikan pengalaman low-latency.

Untuk perangkat Android N yang bisa menggunakan Daydream, Google juga menghadirkan fitur mode Android VR. Modus ini menghadirkan ragam jenis optimisasi yang mampu meningkatkan performa aplikasi VR yang digunakan.


Sampai detik ini, Google juga telah mengumumkan delapan vendor yang telah bermitra untuk menciptakan smartphone yang dapat digunakan oleh Daydream. Vendor-vendor ini termasuk Samsung, LG, HTC, Xiaomi, Huawei, ZTE, Asus dan Alcatel.

Jika pengguna ingin menggunakan Daydream, mereka harus membutuhkan perangkat VR Headset terbaru (diduga memiliki nama Android VR) yang kini tengah dirancang Google.


Desain perangkat tersebut lebih minimalis ketimbang Google Cardboard. Google mengklaim, perangkat ini memiliki desain yang nyaman dan intuitif.

Nantinya, Daydream juga bisa memainkan beberapa gim keluaran developer ternama seperti EA Games, nDreams, Ubisoft, dan CCP Games. Selain itu, platform ini juga bisa dipakai untuk menonton tayangan VR via Netflix, HBO NOws, CNN, dan juga Imax.

(Jek/Cas)

Artikel Selanjutnya
Mixed Reality Headset dari Microsoft Siap Meluncur Maret Ini
Artikel Selanjutnya
Google Buka Akses Daydream VR ke Pengembang