Sukses

Google Gelar ‘Sayembara’ Pencarian Nama Android N, Mau Ikut?

Liputan6.com, Mountain View - Google selalu memberikan kode nama sistem operasi mobile besutannya berdasarkan nama cemilan dan manisan.

Sistem operasi robot hijau yang muncul secara alfabetis ini kerap hadir dengan nama-nama yang unik dan menarik. Sebut saja Eclair, Donut, Froyo, Gingerbread, Ice Cream Sandwich, Jellybean, Kitkat, Lollipop, dan yang terbaru Marshmallow.

Kali ini, ada yang beda dari Google. Pada gelaran Google I/O 2016 yang diadakan Kamis (19/5/2016) di kantor pusat Google di Mountain View, California, raksasa pencarian itu malah mengumumkan ‘sayembara’ pencarian nama sistem operasi Android terbaru, yaitu Android N.

Banyak yang memprediksi bahwa ’N’ bisa jadi Nutella, selai coklat kacang manis yang namanya sudah populer di dunia.

Ada juga yang menebak N sebagai Nuts atau Nachos. Namun semua itu kembali lagi ke para pengguna Android yang melakukan voting. Google akan mengambil nama ’N’ berdasarkan voting terbanyak.

Google sebetulnya sudah memilik kode nama internal untuk Android N, yakni New York Cheesecake. Kode ini pertama kali diketahui dari inisial 'nyc' yang muncul dalam beberapa kesempatan di repositori Android Open Source Project (AOSP).

Namun, penggunaan kode nama itu sebenarnya tidak berpengaruh pada penggunaan nama resmi di Android nantinya.

Google memang dikenal memiliki kode nama untuk tiap versi Android sebelumnya, seperti Key Lime Pie untuk Android KitKat, Lemon Meringue Pie untuk Android Lollipop, dan Macadamia Nut Cookie untuk Android Marshmallow.

Jika Anda ingin turut berpartisipasi mengikuti sayembara ini, Anda bisa mengunjungi #NameAndroidN.

(Jek/Isk)