Sukses

Netflix Luncurkan Fast.com untuk Uji Kecepatan Koneksi Internet

Netflix meluncurkan situs web fast.com yang dapat digunakan untuk mengukur kecepatan koneksi internet.

Liputan6.com, Jakarta - Netflix meluncurkan situs web fast.com yang dapat digunakan untuk mengukur kecepatan koneksi internet.

Fast.com melengkapi layanan serupa yang sudah hadir lebih dulu seperti Ookla Speedtest dan nPerf, yang keduanya sudah hadir baik dalam bentuk aplikasi maupun situs web.

Cara menggunakan layanan ini sangat mudah dan cepat. Begitu Anda masuk ke halaman fast.com, entah itu melalui koneksi mobile, Wi-Fi, atau kabel, seketika itu pula uji kecepatan koneksi internet akan berlangsung.

Ini lebih simpel dibandingkan dengan Ookla Speedtest dan nPerf. Hal tersebut wajar saja mengingat fast.com hanya menguji kecepatan download.

Metrik lainnya seperti kecepatan upload dan ping, serta waktu reaksi antara koneksi dan server, tidak termasuk ke dalam hasil yang ditampilkan. Akan tetapi, fast.com "berbaik hati" dengan menampilkan tautan ke speedtest.net milik Ookla sebagai perbandingan.

"Kita semua ingin internet yang lebih cepat, lebih baik. Namun kecepatan internet sangat bervariasi dan dapat dipengaruhi oleh pengguna lain pada jaringan atau kemacetan dengan penyedia layanan Internet," ujar David Fullagar, Wakil Presiden Arsitektur Pengiriman Konten Netflix, dalam sebuah posting di blog resminya, Jumat (20/5/2016).  

Fast.com, kata Fullagar, merupakan alat baru yang bisa konsumen gunakan untuk wawasan yang lebih besar dan kendali atas layanan internet mereka.

(Why/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini