Sukses

Taklukkan Tiongkok, Samsung Gandeng Alibaba

Samsung tak kuasa menghadapi dominasi layanan pembayaran online Alipay di Tiongkok.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung berusaha keras menghadapi dominasi layanan pembayaran online Alipay di Tiongkok. Hingga akhirnya, perusahaan memutuskan bekerjasama dengan Alibaba Group Holding sebagai pemilik Alipay.

Dilansir Reuters, Jumat (20/5/2016), Samsung menjalin kesepakatan dengan Alibaba Group Holding, untuk memudahkan para pengguna ponsel melakukan pembayaran dengan akun Alipay. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan penjualan di pasar smartphone terbesar dunia tersebut.

Melalui kerjasama tersebut, para pengguna Samsung Pay memiliki opsi melakukan pembayaran menggunakan akun Alipay mereka, tanpa harus mengakses aplikasi Alipay secara terpisah. Alipay dioperasikan oleh unit Alibaba, Ant Financial Services Group dan saat ini memiliki 450 juta pengguna aktif.

Samsung sendiri telah meluncurkan Samsung Pay sebagai sistem pembayaran mobile di Tiongkok pada Maret lalu. Peluncuran itu satu bulan setelah Apple meluncurkan layanan serupa, Apple Pay.

Namun para pendatang baru harus berhadapan dengan Alipay yang telah terlebih dahulu mendominasi. Berbagai layanan baru di negara tersebut dinilai akan kesulitan berkembang jika menghadapi Alipay tanpa strategi khusus.

(Din/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.